Kamis, 25/04/2024 17:52 WIB

Kemenparekraf Gelar Anugerah Desa Wisata 2021

Salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia ini mengangkat tema

Sandiaga Uno

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang menggenjot program Desa Wisata yang dinilai simbol kebangkitan ekonomi nasional.

Olehnya, Kemenparekraf, kemudian mencanangkan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia ini mengangkat tema "Indonesia Bangkit".

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi "Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat".

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menjeelaskan, visi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ingin mewujudkan program ADWI 2021 menjadi stimulan kebangkitan industri wisata nasional yang terdampak pandemi Covid-19 sejak 2020. Sosok pemimpin alternatif seperti inilah yang dibutuhkan Indonesia saat ini di tengah krisis yang dialami Indonesia.

Dijelaskannya, program ADWI 2021, telah berjalan di beberapa daerah diantaranya Desa Pujon Malang, Desa Mas Ubud, Desa Tugu Selatan Cisarua, Desa Cibuntu Kuningan, Desa Candirejo Magelang dan Desa Pentingsari Sleman.

"Ini adalah sebuah acara yang menggabungkan kekuatan sosial media dan media mainstream, diisi dengan kegiatan kunjungan menjelajah desa wisata yang sudah berkembang maupun berkelanjutan di daerah regional dan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan," kata Sandiaga Uno.

Dan, Desa Wisata Denai Lama yang terletak di Kabupaten Deli Serdang, terpilih dalam kegiatan sosialisasi ini, karena terkenal dengan literasi adat budayanya, seperti budaya Jawa, Melayu dan Batak. Desa ini terkenal dengan beragamnya kerajinan seperti kain tenun, batik jumputan dan kerajinan batok kelapa.

Desa Wisata Denai Lama berkembang dalam pemanfaatan potensi desa, seperti dibangunnya Sanggar Lingkaran yang memiliki kafe baca. Di mana, kafe baca ini berfungsi sebagai taman bacaan. Salah satu manfaatnya untuk pengembangan karakter sumber daya masyarakat di sana.

KEYWORD :

Desa Wisata Sandiaga Uno




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :