Minggu, 24/10/2021 12:52 WIB

Awas Bunga Renternir, Tommy Kurniawan Sosialisasikan Sinergi Ekosistem BUMN Ultra Mikro

Anggota DPR RI Tommy Kurniawan memberi spirit dan ruang kepada pelaku UMKM di Kabupaten Bogor.

Anggota DPR RI Tommy Kurniawan foto bersama peserta UMKM. (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Aktor yang juga Anggota Komisi VI DPR Tommy Kurniawan bertemu dengan masyarakat luas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bukan sekedar bertemu, suami Lisya Nurrahmi ini juga memberikan solusi kepada masyarakat luas terkait wirausaha dan melepaskan diri dari urusan hutang dengan jeratan renternir yang mencekik leher.

Kegiatan pertemuan itu dalam rangka Sosialisasi Pemanfaatan dan Tujuan Atas Pembentukan Sinergi Ekosistem BUMN Ultra Mikro kepada pelaku UMKM yang digelar di Aula Zona Madina, Kemang, Kabupaten Bogor, baru-baru ini.

Para peserta UMKM yang hadir dengan tetap menegakkan protokol kesehatan sangat antusias mengikuti jalannya acara. Disampaikan Tommy Kurniawan, Sinergi Ultra Mikro Perusahaan BUMN (Pegadaian, BRI, PNM) bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi dan membantu masyarakat dalam rangka menumbuh kembangkan usaha.


“Sinergisitas Ultra Mikro (BRI, PNM, Pegadaian) sangat kita dukung dan apresiasi untuk membantu dan menumbuh kembangkan usaha para pelaku usaha kecil dibawah,” kata Tommy Kurniawan kepada para pelaku usaha dan masyarakat yang hadir di lokasi.

“Dan penting untuk melakukan perbaikan pendataan akses permodalan lebih mudah dengan bunga yang rendah. Ini menjadi solusi untuk keluar dari pembiayaan (Pinjaman) renternir yang bunganya bisa mencekik leher. Kebijakan strategis ini merupakan peluang untuk wirausahawan, atau enterpreneur dan menjadikan UMKM naik kelas,” sambung Tommy. 

Dikatakan Tommy, kegiatan sosialisasi ini baru pertama kali di lakukan di Kabupaten Bogor. Dari 50 juta pengusaha ultra mikro di Indonesia, baru 20 persen di antaranya yang mendapatkan layanan dari institusi keuangan formal. Padahal, 80 persen segmentasi ekosistem ultra mikro didominasi pelaku UMKM.

“Di satu sisi, pelaku ultra mikro dan UMKM merupakan tulang punggung, serta kunci pemulihan ekonomi nasional yang harus diselamatkan dari tekanan dampak pandemi Covid-19 di Indonesia,” jelas Tommy Kurniawan.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor Haikal Hasan Thalib dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor Asep Maulana. Disampaikan Haikal, pihaknya sangat apresiasi kegiatan ini karna sangat membantu untuk pemulihan ekonomi di Indonesia dan khususnya di Kabupaten Bogor. Forum UMKM Kabupaten Bogor siap bersinergi untuk mempercepat Ultra Mikro Perusahan BUMN untuk maju bersama.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana mengatakan, ada peningkatan jumlah UMKM selama pandemi Covid-19. Peningkatannya hingga saat ini mencapai tiga kali lipat dari sebelum Covid-19 melanda, dengan data saat ini sebanyak 773 Ribu pelaku UMKM.

TAGS : Tommy Kurniawan Renternir BUMN




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :