Kamis, 05/08/2021 18:09 WIB

AS Longgarkan Rekomendasi Perjalanan di 110 Negara, Termasuk Jepang

Pelancong yang mengenakan masker pelindung untuk mencegah penyebaran penyakit coronavirus (COVID-19) mengambil kembali barang bawaan mereka di bandara di Denver, Colorado, pada 24 November 2020. (Foto: REUTERS/Kevin Mohatt)

Washington, Jurnas.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Amerika Serikat (AS) telah melonggarkan rekomendasi perjalanan ke lebih dari 110 negara dan wilayah, termasuk Jepang menjelang Olimpiade.

Disadur dari Reuters, peringkat baru CDC termasuk 61 negara yang diturunkan dari peringkat "Level 4" tertinggi yang tidak menyarankan semua perjalanan untuk merekomendasikan perjalanan untuk individu yang divaksinasi penuh, badan tersebut mengkonfirmasi pada Selasa.

Sebanyak 50 negara dan wilayah lainnya telah diturunkan ke "Level 2" atau "Level 1," kata juru bicara CDC. Negara-negara dengan peringkat terendah untuk risiko COVID-19 sekarang termasuk Singapura, Israel, Korea Selatan, Islandia, Belize, dan Albania.

Di antara mereka yang sekarang terdaftar di "Level 3," adalah Prancis, Ekuador, Filipina, Afrika Selatan, Kanada, Meksiko, Rusia, Spanyol, Swiss, Turki, Ukraina, Honduras, Hongaria, dan Italia.

Pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan sedang dalam proses merevisi travel advisory untuk mencerminkan perubahan CDC. Pada Selasa pagi, Departemen Luar Negeri telah menurunkan peringkatnya di lebih dari 90 negara dan wilayah, termasuk untuk Jepang.

Pada 24 Mei, Departemen Luar Negeri telah mendesak agar tidak melakukan perjalanan ke Jepang, dengan alasan gelombang baru kasus COVID-19 sebelum Olimpiade Tokyo akan dimulai pada 23 Juli.

Peringatan Departemen Luar Negeri menimbulkan kekhawatiran dan mendorong Gedung Putih untuk menegaskan kembali dukungannya terhadap rencana Tokyo menyelenggarakan Olimpiade musim panas ini dan untuk atlet AS yang bersaing di sana meskipun ada gelombang infeksi baru dan tingkat vaksinasi yang rendah di negara tuan rumah.

Penonton asing telah dilarang, dan penyelenggara diharapkan membuat keputusan akhir bulan ini tentang penonton domestik.

CDC mengatakan perubahan itu terjadi setelah merevisi kriteria pemberitahuan kesehatan perjalanan. CDC mengatakan juga telah merevisi peringkatnya untuk Amerika Serikat menjadi "Level 3" dari "Level 4."

Badan tersebut mengatakan kriteria baru untuk rekomendasi Level 4 "hindari semua perjalanan" telah berubah dari 100 kasus COVID-19 per 100.000 menjadi 500 kasus per 100.000.

Badan tersebut menambahkan, banyak negara memiliki peringkat yang lebih rendah karena kriteria berubah atau karena wabah mereka lebih terkontrol. CDC mengatakan mereka mengharapkan lebih banyak negaramendapatkan peringkat perjalanan yang lebih rendah dan lebih menguntungkan.

Negara lain yang diturunkan ke "Level 3" termasuk Honduras, Indonesia, Yordania, Libya, Panama, Polandia, Denmark dan Malaysia.

Banyak negara yang sekarang memiliki peringkat lebih rendah tetap berada dalam daftar negara-negara yang dikenai pembatasan perjalanan oleh pemerintah AS - dan sebagian besar telah dikenai pembatasan sejak awal 2020.

Amerika Serikat melarang hampir semua warga negara non-AS yang dalam 14 hari sebelumnya berkunjung ke China, Inggris, Irlandia, India, Afrika Selatan, Brasil, Iran, dan 26 negara Schengen di Eropa tanpa kontrol perbatasan.

Ditanya mengapa AS mempertahankan peringatan meskipun beberapa negara sekarang memiliki tingkat infeksi rendah yang tunduk pada pembatasan, sementara yang lain dengan tingkat tinggi dikecualikan, Direktur CDC Rochelle Wallensky menjelaskan pada Selasa, masalah tersebut tunduk pada percakapan antarlembaga.

"Kami sedang melihat data secara real time tentang bagaimana kita harus bergerak maju dengan itu," ujarnya.

AS juga telah berdiskusi dengan Kanada dan Meksiko - keduanya memiliki rekomendasi yang dilonggarkan pada hari Selasa - tentang bagaimana pada akhirnya mencabut atau merevisi pembatasan di perbatasan darat AS yang melarang perjalanan yang tidak penting. Reuters

TAGS : Amerika Serikat Jepang Pandemi COVID-19 Olimpiade Tokyo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :