Senin, 27/09/2021 17:34 WIB

Survei Parameter, Kalangan Ketum Parpol Gus AMI Empat Besar Top Of Mind Capres 2024

Prabowo Subianto 24,8 persen, Ganjar Pranowo (22,1 persen), dan Anies Baswedan (20,9 persen)

Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia

Jakarta, Jurnas.com - Survei Parameter Politik Indonesia mengungkap tentang elektabilitas para figur yang masuk dalam top of minde sebagai Capres 2024.

Dalam simulasi tokoh yang masuk top of mind capres, sosok Subianto/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Prabowo Subianto unggul dengan 16,5, disusul Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo 13,8 persen, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (12,1 persen).

Sementara itu, dalam simulasi lima nama Capres secara umum Subianto/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Prabowo Subianto teratas dengan 22,3 persen, Ganjar Pranowo (19,7 persen), Anies Baswedan (18,1 persen) AHY (10,1 persen), dan Sandiaga Uno (7,5 persen). Belum menjawab 22,3

Survei kemudian dikerucutkan tiga besar. Hasilnya Subianto/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Prabowo Subianto 24,8 persen, Ganjar Pranowo (22,1 persen), dan Anies Baswedan (20,9 persen), serta belum menjawab (32,2 persen).

"Selisih elektabilitas semakin tipis jaraknya ketika jumlah calon dikrucutkan jadi tiga. Ini artinya persaingan sangat ketat," kata Direktur Ekselutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayotno, saat merilis hasil survei, Sabtu (5/6/2021).

Namun dari daftar nama-nama yang ada, menarik dilihat bahwa kebanyakan dari tokoh nasional itu bukanlah tokoh kuat parpol alias bukan ketua umum partai politik.

Selain Prabowo (Ketua Umum Partai Gerindra), ada juga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat yang meraih elektabilitas 5,6 persen.

Nah, Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus AMI selaku Ketua Umum PKB masuk dengan elektabilitas 0,5 persen, sama dengan Surya Palon (Ketua Umum NasDem). Sedangkan Airlangga Hartarto (Ketum Golkar) 0,4 persen.

Survei Parameter Politik Indonesia ini mengambil populasi warga Indonesia yang telah memiliki hak pilih sesuai Undang Undang yang berlaku. Pengumpulan data dilakukan pada 23 - 28 Mei 2021.

Sampel sebanyak 1.200 responden. Diambil dengan menggunakan metode simple random sampling dari 6,000 nomor HP yang sudah dipilih secara acak dari kerangka sampel yang ada dan disesuaikan dengan proporsi populasi serta gender.

MARGIN of error survei sebesar + 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan metode telepalling menggunakan kuisioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih

TAGS : Prabowo Subianto Agus Harimurti Yudhoyono Abdul Muhaimin Iskandar Parameter Politik Indonesia Su




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :