Jum'at, 19/04/2024 03:18 WIB

Fraksi PKB Minta Keseimbangan Penanganan Kesehatan dan Ekonomi Dijaga

Membaiknya sejumlah indikator ekonomi dalam kuartal I 2021 disambut gembira banyak kalangan. Meskipun masih tercatat minus pertumbuhan ekonomi terus menunjukkan perbaikan jika dibandingkan kuartal IV di tahun 2020. 

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan

Jakarta, Jurnas.com – Membaiknya sejumlah indikator ekonomi dalam kuartal I 2021 disambut gembira banyak kalangan. Meskipun masih tercatat minus pertumbuhan ekonomi terus menunjukkan perbaikan jika dibandingkan kuartal IV di tahun 2020.

“Kami berharap pemerintah terus menjaga keseimbangan penanganan antara sektor kesehatan dan ekonomi karena strategi pengendalian dampak Covid-19 telah menunjukkan hasil memuaskan. Salah satunya ditunjukkan dari terus terkendalinya kasus harian Covid-19 dan membaiknya sejumlah indikator ekonomi dalam beberapa bulan terakhir,” ujar Wakil Ketua Komisi XI Fathan Subchi, Kamis (3/6).

Fathan mengungkapkan, pada posisi kuartal 1/2020 perekonomian Indonesia masih kontraksi 0,74 persen. Namun dibandingkan triwulan sebelumnya, ini merupakan perbaikan yang cukup signifikan. Selain itu di berbagai daerah mulai tampak peningkatan aktivitas ekonomi yang cukup siginifikan.

“Kami berharap situasi ini akan terus berlanjut sehingga di kuartal II tingkat pertumbuhan ekonomi sudah positif. Apalagi pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 2021 di angkat 5%-6%,” katanya.

Politikus PKB ini berharap agar pemerintah daerah (Pemda) kian gencar membelanjakan dana transfer daerah. Menurutnya saat ini setidaknya ada Rp153 triliun dana transfer daerah yang masih ngendon di sejumlah bank.

“Kami berharap agar pemerintah daerah segera membelanjakan dana transfer daerah karena pasti akan mempercepat roda perekonomian di bawah,” katanya.

Fathan optimis pengendalian kasus penyebaran covid 19 di berbagai daerah akan berimbas terhadap pemulihan ekonomi. Maka pihaknya terus mendorong proses vaksinasi terus berlangsung dan warga tetap disiplin menjaga protokol kesehatan di ruang publik.

“Selain itu pemerataan distribusi vaksin yang saat ini tengah berjalan juga cukup baik, sehingga jika aktivitas perekonomian dibuka dengan tetap memegang protokol kesehatan, pemulihan akan terjadi lebih cepat,” ujarnya.

Politisi PKB ini amat mengapresiasi langkah pemerintah dalam menangani dampak pandemi serta langkah langkah pemulihan ekonomi yang tepat sasaran. Fathan berharap agar keseimbangan kesehatan dan ekonomi tetap dijaga.

“Dan tidak boleh lengah, agar tidak terjadi peningkatan kasus kasus covid 19,” tutupnya.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi XI DPR Penanganan Ekonomi Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :