Jum'at, 26/04/2024 03:39 WIB

Menag Mengajak Umat Buddha Terus Merawat Kerukunan dan Persaudaraan

Saya berharap, umat Buddha terus dapat memiliki pikiran, ucapan, dan perilaku damai sebagai wujud nyata cahaya dalam meningkatkan kualitas beragama dan kerukunan antarsesama.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut). (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Selamat Hari Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis kepada umat Buddha di Indonesia. Menag mengapresiasi komitmen umat Buddha dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan itu, Menag mengajak umat untuk merawat kerukunan dan persaudaraan. "Melalui momentum peringatan Hari Tri Suci Waisak 2565 tahun buddhis ini, saya berpesan kepada seluruh umat Buddha untuk terus merekatkan tali persaudaraan antarsesama, ”ujar Gus Yaqut, sapaan akrabnya, di Jakarta, Rabu (26/5/2021).

Menurut Gus Yaqut, pesan merekatkan persaudaraan ini sejalan dengan ajaran yang tertuang dalam kitab suci Dhammapada bahwa “Kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan. Pembabaran Ajaran Benar merupakan sebab kebahagiaan. Persatuan merupakan sebab kebahagiaan. Dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan “.

"Saya berharap, umat Buddha terus dapat memiliki pikiran, ucapan, dan perilaku damai sebagai wujud nyata cahaya dalam meningkatkan kualitas beragama dan kerukunan antarsesama," pesannya.

Gus Yaqut juga mengajak umat Buddha Indonesia untuk turut serta dalam upaya pengembangan Candi Borobudur. Menurutnya, pemerintah telah mengambil langkah strategis dalam merealisasikan program restorasi Borobudur yang berfokus pada nilai-nilai spiritual dan pendidikan dari situs Borobudur.

"Jadikanlah value-value luhur itu sebagai spirit untuk bangkit dan bersatu, bersama-sama menjadikan Candi Borobudur sebagai destinasi kunjungan religi agama Buddha dunia," ajak pria yang juga kerap disapa Gus Menteri ini.

"Mari sukseskan restorasi Borobudur. Saya yakin dan percaya bahwa dengan pemahaman kebenaran Dharma yang hakiki, umat Buddha Indonesia dapat mengambil peluang tersebut dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.

KEYWORD :

Tri Suci Waisak Gus Yaqut Umat Buddha Candi Borobudur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :