Rabu, 06/07/2022 14:04 WIB

Puan Maharani Pemimpin Secara Kualitatif bukan Kuantitatif

Berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei, elektabilitas dan popularitas Ketua DPR RI Puan Maharani masih belum signifikan sebagai Capres di Pilpres 2024. Meski demikian, Puan dinilai figur yang tepat sebagai pemimpin masa depan.

Ketua DPR, Puan Maharani

Jakarta, Jurnas.com - Berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei, elektabilitas dan popularitas Ketua DPR RI Puan Maharani masih belum signifikan sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024. Meski demikian, Puan dinilai figur yang tepat sebagai pemimpin masa depan.

Pengamat politik, Emrus Sihombing mengatakan, hasil sejumlah lembaga survei tersebut hanya gambaran sesaat yang tidak bisa dijadikan ukuran calon pemimpin untuk Pilpres 2024 mendatang.

"Puan tetap pemimpin secara kualitatif, Puan Maharani sebagai sosok yang luar biasa. Survei itu kan kuantitatif, tidak menjelaskan secara kualitatif," kata Emrus, ketika dikonfirmasi terkait hasil sejumlah lembaga survei yang menyebut elektabilitas dan popularitas Puan belum signifikan, Jakarta, Minggu (23/5).

Kata Emrus, secara psikologi kuesioner yang disebar ke publik juga perlu dipertanyakan. Ia mencontohkan, ketika pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta yang meleset dari hasil sejumlah lembaga survei.

"Artinya psikologi pertanyaan harus kita cek, lalu bagaimana pengambilan samplingnya dari strata Pemilu. Artinya survei hanya suatu pertimbangan saja, bukan suatu keputusan mendatang," terangnya.

Apalagi, lanjut Emrus, hingga saat ini Puan Maharani belum menyampaikan sejumlah gagasan untuk kepemimpinan Indonesia ke depan. Menurutnya, selain memiliki gagasan untuk Indonesia, Puan juga memiliki dukungan dari partai politik.

"Ketika Puan Maharani menyampaikan gagasannya untuk Indonesia ke depan, saya kira itu akan berbalik dalam meningkatkan popularitas. Pemimpin mendatang juga harus mendapat dukungan riil politik, yaitu dari partai," kata Emrus.

Emrus menilai, Puan Maharani sebagai sosok yang tepat untuk diusung sebagai capres pada Pilpres 2024. Bukan saja kader terbaik PDIP, Puan juga salah satu tokoh terbaik nasional saat ini.

"Saya terus terang berpendapat, bukan hanya kader terbaik dari PDI Perjuangan, tapi calon presiden terbaik bangsa dan negara ini," kata Emrus.

Puan Maharani, kata Emrus, memiliki rekam jejak yang sudah tidak diragukan lagi. Dimana, Puan sudah terbukti berhasil memimpin Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) masa bakti 2014-2019.

"Bisa kita cek rekam jejaknya sebagai selama dia sebagai Menko PMK. Kementerian di bawah koordinator beliau tidak ada persoalan, kementerian kesehatan, kementerian sosial, dan kementerian lainnya. Dia pemimpin yang humanis yang bisa mengontrol sejumlah kementerian," terang Emrus.

TAGS : Pilpres 2024 Puan Maharani PDI Perjuangan Pengamat Politik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :