Selasa, 15/06/2021 13:38 WIB

Ada Tren Kenaikan Kasus Aktif Covid-19 di 15 Provinsi

Provinsi yang melaporkan okupansi rumah sakit lebih tinggi dari rata-rata nasional, yakni Sumatera Utara sebesar 57 persen

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Foto: Detik Health)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan sebanyak 15 provinsi menunjukkan tren kasus aktif Covid-19 selama beberapa pekan terakhir, khususnya Pulau Sumatera.

Sebanyak 15 provinsi tersebut yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bangka Belitung, Jakarta, Maluku, Banten, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

“Dibandingkan minggu pertama April, ada tren peningkatan kasus mingguan di Sumatera,” kata Airlangga melalui konferensi pers virtual, Senin (17/5/2021).

Okupansi tempat tidur di ruang isolasi dan ruang perawatan intensif (ICU) di sejumlah provinsi di Sumatera juga meningkat.

Provinsi yang melaporkan okupansi rumah sakit lebih tinggi dari rata-rata nasional, yakni Sumatera Utara sebesar 57 persen, Riau sebesar 52 persen, serta Kepulauan Riau dan Sumatera Barat sebesar 49 persen.

Selain itu, pemerintah juga akan memonitor pergerakan penduduk pasca libur Lebaran dari wilayah Sumatera ke Jawa yang berpotensi memicu penyebaran penularan Covid-19.

“Khusus untuk yang dari Sumatera dilakukan mandatory check di Pelabuhan Bakauheni, Lampung dan juga di tempat mereka berangkat,” ujar Menteri Airlangga.

Selain itu, pemerintah akan melakukan tes acak untuk para pemudik yang akan kembali pasca-libur Lebaran.

Pemerintah juga mencatat mobilitas masyarakat di tempat wisata meningkat sebesar 38 persen hingga 100 persen selama libur Lebaran, khususnya di Jakarta dan Jawa Barat.(AA)

TAGS : Covid-19 Airlangga Hartarto




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :