Kamis, 24/06/2021 17:08 WIB

Menlu Retno akan Serukan Dukungan kepada Bangsa Palestina Lewat OKI

Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi akan menyerukan dukungan terhadap bangsa Pelestina. Hal itu terkait agresi Israel terhadap Palestina yang menewaskan ratusan orang dalam sepekan terakhir.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin 11 Mei 2020. (Foto: Kemenlu))

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi akan menyerukan dukungan terhadap bangsa Pelestina. Hal itu terkait agresi Israel terhadap Palestina yang menewaskan ratusan orang dalam sepekan terakhir.

Menlu Retno menyatakan, akan menghadiri pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau Organisation of Islamic Cooperation (OIC).

"Saya akan hadir dalam pertemuan virtual Tingkat Menlu Open-Ended Emergency Meeting OIC Executive Committee pada hari Minggu, 16 Mei 2021, yang akan membahas agresi Israel terhadap Palestina," kata Menlu Retno, lewat akun Twitter resmi @Menlu_RI, Jumat (14/5).

Menurutnya, melalui forum tersebut, Indonesia akan memperjuangkan penghentian kekerasan terhadap warga Palestina oleh agresi Israel. Tak hanya lewat OKI, Indonesia juga terus berusaha lewat forum lain yakni CEIRPP (Komite Pelaksanaan Hak-hak yang Tidak Dapat Dicabut dari Rakyat Palestina), GNB (Gerakan Non-Blok), dan Dewan Keamanan PBB.

"Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti oleh Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya," kata Retno.

Diketahui, dilansir Aljazeera, sudah 113 warga Palestina di Gaza yang meninggal dunia akibat serangan Israel ke Palestina. Selain itu, lebih dari 580 warga Palestina terluka di momen Idul Fitri ini.

"Indonesia mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di jalur Gaza yang menyebabkan lebih dari 100 korban jiwa warga sipil Palestina yang tidak berdosa," kata Retno.

Di sisi Israel, ada 6 warga dan 1 warga India yang dilaporkan tewas. Tentara Israel mengatakan ribuan roket telah ditembakkan dari Gaza ke berbagai lokasi di Israel dan mereka telah menambahkan bala bantuan di dekat tanah timur wilayah itu.

Konflik terbaru Israel versus Palestina ini dilatarbelakangi isu penggusuran pihak Israel terhadap kawasan Sheikh Jarrah.

Seperti dilansir Arab News, Senin (10/5), rencana penggusuran keluarga Palestina di Sheikh Jarrah memicu aksi protes warga Palestina yang berkumpul di kompleks Masjid Al-Aqsa pada Jumat (7/5) pekan lalu, yang berujung bentrokan dengan polisi Israel. Bentrokan terus berlangsung pada hari-hari berikutnya dan menimbulkan ratusan korban jiwa.

Dilansir AFP, rencananya sidang terbaru untuk sengketa tanah itu akan digelar pada Senin (10/5) waktu setempat. Namun Kementerian Kehakiman Israel pada Minggu (9/5) waktu setempat mengumumkan penundaan sidang setelah terjadi bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel.

TAGS : Serangan Israel Menlu Retno Israel Vs Palestina




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :