Sabtu, 27/04/2024 09:52 WIB

Pengumuman, Taman Margasatwa Ragunan Baru Buka Besok Sampai Jam 2 Siang

Taman Margasatwa Ragunan ditutup pada Lebaran pertama, Kamis (13/5). Tempat wisata di bilangan Jakarta Selatan ini baru dibuka kembali pada Lebaran kedua, Jumat (14/5) besok.

Taman Margasatwa Ragunan. (Foto: Dok. Ayo Jakarta)

Jakarta, Jurnas.com - Taman Margasatwa Ragunan ditutup pada Lebaran pertama, Kamis (13/5). Tempat wisata di bilangan Jakarta Selatan ini baru dibuka kembali pada Lebaran kedua, Jumat (14/5) besok.

"(Ragunan) tutup hari pertama libur Idul Fitri," kata Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang ketika dikonfirmasi, beberapa saat tadi.

Bambang mengklaim, penutupan Taman Margasatwa Ragunan pada  Idul Fitri pertama bukan baru terjadi kali ini, kebiasaan itu kata dia telah berlangsung sejak 2018 silam.

"Ini sudah berjalan dari 2018 bahwa hari pertama memang tutup," tuturnya.

Bambang melanjutkan, pada  Jumat besok tempat wisata itu akan buka pada pukul 07.00 WIB  hingga  14.00 WIB saja. Ada pemangkasan jam operasional pada libur Idul Fitri kali ini.

"Besok baru buka dari jam 07.00 WIB sampai 14.00 WIB," tuturnya.

Seluruh tempat wisata di Jakarta tidak ditutup pada periode libur lebaran kali ini, kendati banyak pihak termasuk Polda Metro Jaya mengkhawatirkan terjadi kerumunan orang di tempat-tempat wisata.

Walau tetap dibuka, namun Gubernur Anies Baswedan telah mengeluarkan  seruan gubernur Nomor 5 tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Masa Libur Idul Fitri 1442 H. 

Dalam peraturan itu pengunjung tempat wisata dibatasi hanya 30 persen dari kapasitas pada masa sebelum pandemic Covid-19.

"Maksimal (pengunjung) 30 ribu. Karena kalau lebaran memang banyak, bisa sampai 100 ribu per hari," ujarnya.

Selain membatasi  pengunjung, Bambang mengatakan pihaknya tidak akan menerima pengunjung yang ber KTP non DKI, hal ini juga sesuai Seruan Gubernur 5/2021. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengantisipasi kerumunan yang terjadi. 

"Pendaftarannya online, pembelian tiket di lokasi. Jadi, daftar dulu secara online, yang boleh masuk, yang sudah daftar," tandasnya. 

KEYWORD :

Ragunan Lebaran Idul Fitri Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :