Kamis, 25/04/2024 12:29 WIB

Momen Istimewa Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih, Gus AMI: Kita Saling Mendoakan

Indonesia adalah rumah besar yang memiliki banyak kamar

Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI), Wakil Ketua DPR-RI / Ketua Umum DPP PKB

Jakarta, Jurnas.com - Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah berlangsung bersamaan dengan Peringatan Kenailan Isa Almasih, Kamis (13/5/2021).

Di momen yang istimewa dan langka ini, Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar mengajak semua masyarakat Indonesia semakin memperkuat persaudaraan antarsesama, saling mendoakan dan menghormati untuk kebaikan bersama.

"Dalam momentum yang istimewa ini, kepada seluruh umat muslim saya mengucapkan selamat perayakan Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Setelah sebulan penuh kita berpuasa, semoga kita bisa kembali fitrah, dan menjadi manusia yang lebih baik lagi kedepan," kata Gus AMI.

"Dan selamat juga umat Kristiani yang memperingati Hari Kenaikan Isa Almasih, semoga damai dan kesejahteraan selalu mengiringi langkah kita bersama," lanjutnya.

Gus AMI yang juga Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut Indonesia adalah rumah besar yang memiliki banyak kamar. Setiap kamar dihuni oleh pemeluk agama dan kepercayaan masing-masing yang tidak perlu dipertentangkan.

Mereka bebas bertindak sesuai aturan kamar masing-masing. Namun, begitu keluar dari kamar dan berkumpul di ruang keluarga dalam bingkai keindonesiaan maka semua harus tunduk dan patuh pada kesepakatan bersama.

"Inilah yang disebut Gus Dur sebagai pluralisme. Tidak disebut Indonesia kalau tidak ada Islam, Kristen, Hindu, Budha, Katolik, Konghucu dan aliran kepercayaan. Hal terpenting adalah bagaimana kita bisa hidup berdampingan, saling menghormati dan menyayangi menjadi satu kesatuan," katanya.

Gus AMI merasa senang karena selama ini Indonesia dikenal oleh dunia sebagai negara yang masyarakatnya bisa hidup rukun berdampingan dalam kondisi harmonis di tengah keberagaman yang ada.

"Inilah yang harus terus kita rawat dan jaga bersama agar persatuan dan kesatuan bangsa bisa terus bersemai di negeri kita tercinta Indonesia ini," tuntas Gus AMI.

KEYWORD :

Idul Fitri Kenaikan Isa Almasih Abdul Muhaimin Iskandar Gus AMI PKB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :