Kamis, 17/06/2021 13:33 WIB

Menu Khas Kendal Saat Lebaran

Saling mengunjungi sanak keluarga dan ziarah kubur merupakan pemandangan lazim dilakukan saat Lebaran. Satu lagi yang hampir ketinggalan, yaitu pertunjukan hidangan khas Nusantara.

Ketupat (Wikipedia)

Jakarta, Jurnas.com - Idulfitri atau Lebaran merupakan akhir dari umat Islam di seluruh dunia menahan lapar dan haus alias puasa yang ditandai dangan Salat Ied. Indonesia sendiri punya cara yang beragam merayakan hari kemenangan tersebut.

Saling mengunjungi sanak keluarga dan ziarah kubur merupakan pemandangan lazim dilakukan saat Lebaran. Satu lagi yang hampir ketinggalan, yaitu pertunjukan hidangan khas Nusantara.

Hidangan Nusantara sebetulnya ada banyak banget. Hampir semua pulau punya. Namun, Mimin kali ini ingin menunjukkan makanan Lebaran khas Kendal, Jawa Tengah yang wajib banget dicoba:

Kupat

Kupat atau ketupat adalah makanan yang terbuat dari beras yang di bungkus dalam anyaman janur kelapa yang masih mudah berbentuk segi empat. Makanan ini paling nikmat disandingkan dengan opor ayam.

Lepet

Lepet atau Leupeut dalam bahasa Sunda adalah sejenis penganan dari beras ketan yang dicampur kacang, dan dimasak dalam santan, kemudian dibungkus daun janur. Lepet bisa dinikmati tanpa perlu pakai opor atau lauk.

Keciput

Kue kering selalu menjadi pelengkap pada Idulfitri. ‎Selain kue kastangel dan nastar, juga ada kue keciput yang identik. Keciput adalah makanan sejenis onde-onde kecil. Walaupun berasal dari Kudus, keciput ini juga banyak ditemukan di meja pada saat Lebaran di Kendal.

Tape Ketan

Lebaran tanpa tape sepertinya tidak afdol. Agak berlebihan tapi begitulah kenyataannya. Tape ketan merupakan salah satu produk makanan hasil fermentasi khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan. Rasanya yang manis sedikit asam dan memiliki tekstur lunak berair membuat kuliner ini mantap banget dinikmati di siang hari.

Tumpi

Sebuah camilan seperti keripik tapi terbuat dari adonan tepung beras yang di taburi kacang hijau atau teri secara merata di atasnya kemudian di goreng. Rasanya gurih dengan aromah kacang hijau atau kadang-kadang teri.

TAGS : Lebaran Makanan Khas Kenda Jawa Tengahl




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :