Sabtu, 20/04/2024 15:12 WIB

Salat Ied Hanya Diperkenankan di Masjid dengan Pembatasan

Pelaksanaan di lapangan terbuka dikhawatirkan bakal terjadi kerumunan

Bupati Bogor, Ade Yasin. (Foto: Diskominfo Kab. Bogor)

Cibinong, Jurnas.com - Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan salat Ied pada Hari Raya Idul Fitri 144 Hijriyah hanya diperkenakan di masjid tingkat RT/RW dengan pembatasan kapasitas dan tidak diperbolehkan di lapangan terbuka.

Hal itu dikatakan Ade usai Rapat Kerja Kepala Daerah Jabodetabekjur tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Masa Libur Hari Raya Idulfitri 1442 H, di Ruang Pola Gedung Blok G Lantai 2, Balai Kota Pemerintah DKI Jakarta, Senin (10/5/2021).

Menurut Ade Yasin, berkaitan dengan pelaksanaan salat Idulfitri, untuk mencegah terjadinya kerumunan dan penyebaran Covid-19, ditiadakan pelaksanaannya di lapangan, melainkan hanya dapat dilaksanakan di masjid dan musala di tingkat RT saja.

Karena di Kabupaten Bogor jumlah lapangan sangat banyak, jika dilakukan di lapangan meskipun hanya 50%, khawatir akan menimbulkan kerumunan.

"Karena kita masih berlakukan PPKM Mikro, sehingga salat Idulfitri bisa dipantau langsung oleh Satgas RT/RW, ini sebagai upaya pencegahan terjadinya kerumunan, termasuk salat id di Lapangan Tegar Beriman juga kita tiadakan," tegas Ade Yasin.

Ade pun mengapresiasi, kegiatan rapat dan kebijakan bersama Jabodetabek dan Cianjur (Jabodetabekjur). Selanjutnya, melalui kegiatan ini juga meminta agar ada keseragaman berkaitan dengan jam operasional restoran, untuk menghindari terjadinya kerumunan.

"Sebagai sarana kolaborasi dan sinergi dalam rangka menghasilkan kebijakan terpadu terkait pengendalian pandemi Covid-19 di Jabodetabekjur, serta dapat meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara Pemkab Bogor dengan Jabodetabekjur," kata Ade Yasin.

Ade Yasin mengungkapkan bahwa Kabupaten Bogor merupakan daerah yang berdekatan dengan Jakarta dan menghubungkan tiga provinsi yakni Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, juga dekat dengan 10 kota/kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Artinya penanganan dan pengendalian Covid-19 cukup berat.

"Melalui rakerda ini, bisa meningkatkan koordinasi antara Pemkab Bogor dengan Pemerintah Bodetabekjur sehingga bisa meringankan tugas-tugas kita di lapangan berkaitan dengan pengendalian dan penanganan Covid-19," ujar Bupati Bogor.

 

KEYWORD :

Idul Fitri Salat Ied Ade Yasin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :