Senin, 14/06/2021 03:48 WIB

WHO Klasifikasikan Varian COVID-19 India sebagai Perhatian Global

Garis keturunan utama B1617 pertama kali diidentifikasi di India Desember lalu, meskipun versi sebelumnya terlihat pada Oktober 2020.

Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) (Foto: Reuters)

Jenewa, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, varian B1617 yang pertama kali diidentifikasi di India tahun lalu sedang diklasifikasikan sebagai varian yang menjadi perhatian global.

"Kami mengklasifikasikannya sebagai varian yang menjadi perhatian di tingkat global," kata Kepala Teknis WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove dalam sebuah pengarahan pada Senin (10/5).

"Ada beberapa informasi yang tersedia untuk menyarankan peningkatan transmisi," sambungnya.

Infeksi dan kematian COVID-19 India mendekati rekor tertinggi harian pada hari Senin, meningkatkan seruan kepada pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi untuk mengunci negara terpadat kedua di dunia itu.

WHO mengatakan, garis keturunan utama B1617 pertama kali diidentifikasi di India Desember lalu, meskipun versi sebelumnya terlihat pada Oktober 2020.

Varian tersebut telah menyebar ke negara lain, dan banyak negara telah pindah untuk memotong atau membatasi pergerakan dari India.

Van Kerkhove mengatakan informasi lebih lanjut tentang varian dan tiga garis keturunannya akan tersedia pada Selasa (11/5).

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, Yayasan WHO meluncurkan seruan "Bersama untuk India" guna mengumpulkan dana guna membeli oksigen, obat-obatan dan peralatan pelindung bagi petugas kesehatan. (Reuters)

TAGS : Varian B1617 India WHO Maria Van Kerkhove Tedros Adhanom Ghebreyesus




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :