Rabu, 16/06/2021 04:52 WIB

Catat, OPM Buatan Belanda Bukan Orang Papua!

Laksamana Madya TNI (Purn) Freddy Numberi menekankan Organisasi Papua Merdeka (OPM) merupakan buatan Belanda, bukan dari orang Papua.

Ilustrasi OPM. Foto: JPNN.com)

Jakarta, Jurnas.com -  Laksamana Madya TNI (Purn) Freddy Numberi menekankan Organisasi Papua Merdeka (OPM) merupakan buatan Belanda, bukan dari orang Papua.

Freddy mengatakan itu dalam konferensi pers Seruan Forum Tokoh Senior dan Generasi Milenial Papua ke Pemerintah, di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (4/5).

"OPM merupakan bom waktu yang diciptakan Belanda pada masa dahulu," kata dia.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2004-2009 ini menegaskan, OPM bertumbuh kembang di Papua, lantaran tingkat kemiskinan dan ketimpangan nampak nyata di bumi cendrawasih ini.

Freddy mengungkapkan jika ada paradoks besar di Papua di mana wilayahnya kaya raya tapi masyarakatnya banyak yang miskin.

"Hal itu lah yang membuat banyak warga di Papua bisa termakan oleh pengaruh dari OPM," jelasnya.

Sementara itu, mengenai pengamanan untuk mengantisipasi aksi teror oleh OPM di Papua harus dilakukan dengan tepat dan strategis.

Hal ini dilakukan agar pengalaman di Timor Timur tidak kembali terjadi dimana PBB ikut campur dalam penanganan kisruh sehingga lepas dari Indonesia.

"Pengalaman Timor timur menunjukan kepada kita jika PBB bisa masuk kapan saja, dan kita tidak mau jika Papua juga lepas dari NKRI," tutupnya.

TAGS : Papua HAM OPM Freddy Numberi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :