Minggu, 13/06/2021 09:08 WIB

Iluni UI Bagikan 1.700 Paket Sembako ke Masyarakat dan Pegawai

Penyerahan donasi dilakukan secara simbolis oleh Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian, kepada pihak Rektorat UI di Balairung Kampus UI Depok pada Minggu (2/5).

Iluni UI membagikan paket sembako (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) memberikan donasi 1.700 paket berupa kebutuhan-kebutuhan konsumsi seperti beras, biskuit, gula, terigu, santan kemasan, mentega, mie telur, kornet, dan minyak goreng bagi pegawai outsourcing UI dan masyarakat di sekitar UI.

Penyerahan donasi dilakukan secara simbolis oleh Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian, kepada pihak Rektorat UI di Balairung Kampus UI Depok pada Minggu (2/5).

Melalui program ini, Andre mengajak para alumni UI untuk memberikan kontribusinya kepada almamater dan masyarakat.

“Ramadan tahun ini kita masih berada di situasi pandemi. Masyarakat pun masih merasakan dampak ekonomi yang luar biasa. Untuk itu, kami membuka kesempatan kepada para alumni juga masyarakat untuk memberikan bantuan kepada yang membutuhkan melalui program ini," ujar Andre dalam sambutannya.

Menurutnya, antusiasme para alumni UI untuk memberikan donasinya terbilang luar biasa. Terhitung sejak pembukaan donasi pada 16-28 April, Iluni UI berhasil menghimpun dana sebesar Rp271.450.205,00. Iluni UI juga menerima 100 paket donasi dari Iluni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI Golf Club.

Andre mengatakan, donasi sebesar ini terwujud berkat kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak. “Proses mulai dari pengumpulan hingga penyaluran melibatkan berbagai komponen di UI, sebagai bentuk Sinergi Temu antara alumni, Iluni Fakultas, pihak kampus, teman-teman dari 10 lembaga kemahasiswaan se-UI yakni Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM),” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Direktorat Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni UI (DPKHA UI) Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D, menyampaikan apresiasinya atas program donasi sembako yang telah setia dilakukan Iluni UI sebagai bentuk kontribusi alumni.

Dia juga menyampaikan terima kasihnya atas bantuan dari berbagai pihak yang ikut berpartisipasi dalam donasi ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat relevan dalam konteks Ramadan dan pandemi.

“Apa yang dilakukan Iluni UI ini dapat dirasakan manfaat secara langsung dan semoga mendapat keridhoan dari Yang Maha Kuasa,” tuturnya.

Bantuan paket yang diberikan akan diserahkan kepada pegawai outsourcing UI sebanyak 1.000 paket, dan 700 paket akan dibagikan ke masyarakat disekitar UI dan Depok, seperti di wilayah Pondok Cina, Kukusan, Tanah Baru, Beji, Cimanggis, Pancoran Mas, Cinere, dan Limo.

Rencananya, paket donasi sembako ini akan didistribusikan  secara bertahap pada Minggu, 2 Mei dan Kamis, 6 Mei.
Pihak Rektorat UI dan Iluni Fakultas akan membantu penyaluran paket untuk diserahkan ke pegawai yang telah terdata.

Sementara itu, Iluni UI dibantu para relawan dari sepuluh UKM UI akan membagikan paket-paket lainnya ke wilayah di sekitar Depok dengan menggunakan truk tronton ke kecamatan dan kelurahan yang dituju. Penggunaan tronton ini dimaksudkan guna menghindari kerumunan pada saat penyaluran paket.

Kegiatan penyerahan sembako ini merupakan bentuk kepedulian Iluni UI kepada pihak-pihak yang membutuhkan bantuan sosial, dan sebagai sumbangsih kepada almamater dan masyarakat yang berada di sekitar kampus. Selain itu, program donasi ini juga merupakan bentuk kolaborasi antara ILUNI UI dengan sivitas akademika UI yang lain.

Tercatat, setidaknya ada sepuluh lembaga kemahasiswaan yang berpartisipasi yakni BEM UI, DPM UI, BEM Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam UI, Taekwondo UI, Madah Bahana UI, Teater UI, Salam UI, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia UI, Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana UI (HIMPAS UI), dan Mapala UI.

TAGS : Iluni UI Berbagi Sembako Universitas Indonesia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :