Senin, 27/09/2021 02:39 WIB

Pulihkan Ekonomi, Wamendag Minta Peran Pelaku Usaha lewat DPD

Jerry menilai sebagai perwakilan daerah, DPD RI bisa mendorong dan mengakomodasi pelaku-pelaku usaha di semua sektor untuk bersama-sama pemerintah meningkatkan kesejahteraan

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga membahas kerja sama untuk meningkatkan perdagangan dan ekonomi masyarakat dengan Wakil Ketua DPD RI Sutan Bahtiar Najamuddin beberapa waktu lalu.

Jerry menilai sebagai perwakilan daerah, DPD RI bisa mendorong dan mengakomodasi pelaku-pelaku usaha di semua sektor untuk bersama-sama pemerintah meningkatkan kesejahteraan, termasuk dalam upaya mitigasi ekonomi karena pandemi Covid-19.

DPD RI adalah kamar parlemen yang punya legitimasi besar sehingga bisa memainkan peran dalam kolaborasi pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat di Daerah dalam pemulihan dan peningkatan ekonomi," kata Jerry.

Ada beberapa program yang sedang dijalankan Kemendag dalam rangka itu. Yang menjadi misi Jerry sebagai Wamendag antara lain adalah pengembangan SRG dan dukungan terhadap pengembangan ekspor nasional. Oleh karena itu Jerry banyak berkeliling ke daerah untuk mendorong optimalisasi SRG serta mendata potensi-potensi ekspor baru yang bisa dikembangkan.

Sutan Najamuddin yang datang bersama dengan dua kepala daerah dari Bengkulu itu menyambut baik ajakan Wamendag. Menurutnya, ekonomi nasional digerakkan oleh pelaku-pelaku di daerah. Oleh karena itu wajar jika pemerintah meningkatkan fasilitasi kepada pelaku usaha di daerah khususnya petani, nelayan dan pelaku UMKM.

"DPD RI selalu siap mendukung pemerintah, khususnya Kemendag untuk menggerakkan ekonomi masyarakat," tegas Sutan.

Selain berkomunikasi secara formal, dalam pertemuan itu Jerry juga menyinggung hubungan personalnya dengan Sutan. Menurutnya, Sutan adalah senior sekaligus mentor. Apalagi Jerry juga merupakan mantan staf ahli Ketua DPD RI.

"Jadi beliau ini sudah seperti mentor bagi saya. Karena itu saya sangat bangga dan senang bisa berkolaborasi demi membangun daerah dan memajukan perekonomian nasional," ujar Jerry.

Dengan hubungan baik secara personal maupun kelembagaan keduanya yakin bisa melakukan terobosan-terobosan agar misi kedua lembaga bisa tercapai.

Ke depan Wamendag dan Waka DPD RI akan berusaha mengakomodasi dan menjembatani peningkatan produk ekspor khususnya dari Bengkulu. Beberapa komoditas yang menjanjikan seperti kopi, kelapa sawit dan karet.

Selain itu, Jerry punya misi untuk mendorong pengembangan kemampuan UMKM. Saat ini Kemendag sedang menyelenggarakan pelatihan UMKM berskala nasional dengan menggandeng Google dan beberapa perbankan.

“Ini untuk memanfaatkan hasil dari beberapa perjanjian perdagangan yang telah kami selesaikan. Pemerintah ingin agar peluang penghilangan tarif ribuan jenis produk Indonesia di pasar negara-negara mitra bisa dimanfaatkan optimal teman-teman pengusaha khususnya UMKM," tambah Jerry.

Sebagai contoh  Wamendag menyebut untuk konteks IA-CEPA ada lebih dari 6900 tarif yang dibebaskan. Hasil serupa untuk IEFTA-CEPA dimana ribuan tarif juga tidak diterapkan. Peluang ini diharapkan segera digarap serius oleh pelaku usaha. Selain itu masih ada RCEP, IK-CEPA dan belasan perjanjian perdagangan lain.

TAGS : Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga Pelaku Usaha DPD RI Sutan Najamudin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :