Sabtu, 20/04/2024 17:16 WIB

Malaysia Tegaskan Vaksin AstraZeneca Aman

 Astrazeneca mengatakan ulasan peraturan di Inggris dan Eropa telah mencatat vaksinnya menawarkan perlindungan tingkat tinggi dan bahwa manfaatnya jauh lebih besar daripada risikonya.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: Reuters)

Kuala Lumpur, Jurnas.com - Otoritas Kesehatan Malaysia mengatakan vaksin yang dikembangkan oleh Astrazeneca aman untuk digunakan. Pernyataan itu disampaikan tiga hari setelah negara Asia Tenggara itu menerima suntikan pertama yang dibeli melalui fasilitas global, COVAX.

Beberapa negara telah membatasi bahak menghentikan penggunaan vaksin Astrazeneca karena kemungkinan ada kaitannya dengan pembekuan darah.

Sementara itu, Astrazeneca mengatakan ulasan peraturan di Inggris dan Eropa telah mencatat vaksinnya menawarkan perlindungan tingkat tinggi dan bahwa manfaatnya jauh lebih besar daripada risikonya.

"Saya mengkonfirmasi vaksin yang dikembangkan oleh Astrazeneca aman, dan itu akan diberikan kepada mereka yang berusia 60 tahun ke atas," kata Menteri Kesehatan Malaysia, Adham Baba dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, Senin (26/4).

Disadur dari Channel News Asia, Malaysia menerima pengiriman pertamanya dari hampir 270.000 dosis vaksin Astrazeneca pada Jumat (23/4).

Para pejabat kementerian mengatakan vaksin tersebut ditemukan "cocok untuk digunakan" bagi mereka yang berusia 60 tahun ke atas, dan sedang mencari data yang tersedia sebelum menyetujui untuk digunakan untuk kelompok umur lainnya.

Malaysia mendapatkan total 12,8 juta dosis dari Astrazeneca, setengahnya akan datang melalui COVAX Facility. Itu dijadwalkan untuk menerima 600.000 dosis pertama pada bulan Juni.

KEYWORD :

Malaysia AstraZeneca Vaksin COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :