Senin, 17/05/2021 17:28 WIB

Buntung sebelum Mekar, Bagaimana Nasib Liga Super Eropa?

Manchester City menjadi klub pertama yang menarik diri setelah Chelsea mengisyaratkan tengah menyiapkan dokumen untuk mundur. Langkah ini diikuti oleh Arsenal, Liverpool, MU dan Spurs.

Pendukung Chelsea memprotes Liga Super Eropa (Foto BBC)

London, Jurnas.com - Enam tim Liga Inggris memutuskan angkat kaki dari daftar tim yang terlibat dalam Liga Super Eropa. Keenam tim tersebut ialah Manchester United, Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspurs, Arsenal, dan Chelsea.

Manchester City menjadi klub pertama yang menarik diri setelah Chelsea mengisyaratkan tengah menyiapkan dokumen untuk mundur. Langkah ini diikuti oleh Arsenal, Liverpool, MU dan Spurs.

Raksasa Italia Inter Milan juga akan mundur, karena Nerazzuri berniat tidak ingin lagi terlibat dalam proyek tersebut, menurut laporan BBC Sports pada Rabu (21/4).

"Meskipun klub-klub Inggris memutuskan pergi, dipaksa mengambil keputusan karena tekanan yang diberikan kepada mereka, kami yakin proposal kami sepenuhnya selaras dengan hukum dan peraturan Eropa," demikian keterangan Liga Super Eropa hari ini.

Dikatakan bahwa pihaknya "yakin status quo sepak bola Eropa saat ini perlu diubah".

Dalam wawancara terpisah dengan surat kabar Italia la Repubblica, pemilik Juventus Andrea Agnelli menegaskan klub yang tersisa akan terus maju dan proyek tersebut, dan masih memiliki peluang 100 persen untuk sukses.

"Presiden Real Madrid Florentino Perez bersikeras pada gagasan untuk menjaga kelompok tetap bersama untuk mendorong perubahan," kata pakar sepak bola Spanyol Guillem Balague.

"Barcelona mengatakan mereka setuju dengan ESL, tetapi hanya jika Majelis Pemegang Tiket Musim menyetujuinya, itu bisa menjadi jalan keluar mereka," sambung dia. Balague Atletico Madrid juga akan bertemu pada Rabu pagi untuk meninjau kembali posisi mereka.

Sementara itu, Presiden UEFA Aleksander Ceferin menyambut baik keputusan tim Inggris mundur dari Liga Super Eropa.

"Saya mengatakan kemarin bahwa (keputusan) mengakui kesalahan dan klub-klub ini membuat kesalahan besar adalah hal yang sangat mengagumkan," terang Ceferin.

"Mereka kembali bermain sekarang dan saya tahu mereka memiliki banyak hal untuk ditawarkan tidak hanya untuk kompetisi kami tapi juga untuk keseluruhan pertandingan Eropa," tambah dia.

"Yang penting sekarang adalah kita maju, membangun kembali persatuan yang dinikmati permainan sebelumnya dan bergerak maju bersama."

TAGS : Liga Super Eropa Liverpool Manchester City Liga Inggris




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :