Selasa, 16/04/2024 11:09 WIB

Stand-up Comedian Kiky Saputri: Cewek Jangan Takut Bermimpi

Semua berawal dari mimpi.

Hari Kartini

Jakarta, Jurnas.com - Komedian tunggal atau stand up comedian, Kiky Saputri, memaknai peringatan Hari Kartini dengan semangat mempunyai mimpi.

Bagi Kiky, mulai dari hal sederhana dengan bermimpi, semua perempuan bisa punya kesempatan dan kesetaraan yang sama dengan para pria. Cewek mana pun bisa mengenyam pendidikan, karir hingga kesempatan-kesempatan lain.
 
"Kalau kita bicara tentang ibu RA Kartini, semua berawal dari mimpi," kata Kiky yang dihadirkan PDI Perjuangan menjadi pembicara di perayaan Hari Kartini di kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021).
 
Kiky adalah sosok yang sadar pendidikan. Sejak SMA ia sempat berkeinginan atau mimpi melanjutkan studi di pendidikan tinggi. Jurusan yang diinginkannya adalah di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Namun apa daya. Rencana itu batal karena sang Ibu ingin Kiky menjadi guru dan kemudian mengambil pendidikan keguruan.

Hanya sebentar komika berusia 25 tahun itu menjadi guru. Ia kemudian menjajal hal lain yakni stand up comedy.

Siapa sangka. Lewat stand up comedy, Kiky malah meraih sukses. Ia pun bangga karena makin dikenal dan banyak bertemu dengan tokoh, menteri dan juga Anggota DPR.
 
"Tapi kita tetap berjuang. Buktinya lewat stand up comedy. Kiky bisa roasting banyak tokoh sampai menteri. Juga bisa wawancara banyak Anggota DPR," sambung Kiki, yang saat menyampaikan pernyataan itu disambut tawa pembicara lainnya. Begitupun ratusan kader perempuan PDIP seluruh Indonesia yang menjadi peserta acara secara virtual.

Masih lewat komedi, Kiky juga bisa berbicara nasib guru honorer sambil berbagi kesedihannya. Saat itu, ia digaji hanya Rp 500 ribu.
 
Kiky mengatakan, jalur stand up comedy yang sudah mantap dipilih menjadi profesinya lah malah isu - isu sosial, politik disuarakan secara terbuka. Lewat komedi pula, materi stand up terkait guru honorer kerap dibawa olehnya di atas panggung.
 
Lalu ia juga mengatakan, apa yang terjadi saat ini pada dirinya seperti hidup dalam mimpi yang menjadi kenyataan.
 
"Tapi jangan mimpi doang. Kemudian jangan pernah takut untuk melangkah," tutur Kiki.

Di acara itu, hadir Ketua DPR Puan Maharani. Lalu narasumber lain acara itu adalah Sri Rahayu (Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak), Selly Gantina (Anggota DPR RI – Komisi VIII), Agustina Hermanto atau akrab dikenal sebagai Tina Toon (Anggota DPRD DKI Jakarta),  dan Berto Tukan (Penulis Buku).

Acara juga diisi dengan pembacaan puisi oleh Happy Djarot dan Sondang Tampubolon. Hadir juga petinggi partai seperti Wakil Sekjen Sadarestuwati dan Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning serta Wiryanti Sukamdani.

KEYWORD :

Kiky Saputri Perempuan Kartini Berto Tukan PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :