Sabtu, 29/01/2022 00:10 WIB

Kecewa Nama Gus Dur Tak Ada di Kamus Sejarah Indonesia, Komisi X DPR Minta Revisi Total

Ketua Komisi X DPR, Sayiful Huda menyampaikan kekecewaan terkait nama Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang tidak ada dalam Kamus Sejarah Indonesia.

Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi X DPR, Sayiful Huda menyampaikan kekecewaan terkait nama Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang tidak ada dalam Kamus Sejarah Indonesia.

Menurutnya, hal itu tentu menciderai ketokohan Gus Dur sebagai bapak demokrasi yang cukup berpengaruh di Indonesia.

"Sekali lagi memang kita dibikin jengkel betul ini, kita dibikin kecewa berat atas penerbitan buku Kamus Sejarah Indonesia ini," kata Syaiful, kepada wartawan, Jakarta, Rabu (21/4).

Huda menegaskan, Gus Dur merupakan tokoh peletakan jilid kedua demokrasi di Indonesia yang melahirkan era reformasi. Untuk itu, sangat disayangkan ketika nama Gus Dur tidak ada dalam Kamus Sejarah Indonesia.

"Ketika tidak ada satu pun tokoh di Indonesia yang berani melawan rezim otoritarianisme Orde Baru, Gus Dur lah pendiri Fordem, Forum Demokrasi," tegas Ketua DPP PKB itu.

Meski Kemendikbud menyatakan Kamus tersebut belum final, Huda tetap menyayangkan draf kamus itu sudah bisa diunduh publik melalui situs Rumah Belajar.

"Jadi kemarin kan Kemendikbud rilis melalui mas Hilmar Farid Dirjen Kebudayaan menyampaikan draf ini belum final, draf ini belum resmi, dan seterusnya. Tapi faktanyaka itu bisa diunduh melalui situs Kemendikbud yang namanya Rumah Belajar. Yang kedua ISBN-nya pun sudah ada itu yang drafnya belum final," katanya.

Oleh sebab itu, Huda meminta, agar Kamus Sejarah Indonesia itu segera ditarik dan direvisi total.

"Karena itu sekali lagi kita tegaskan itu sebenarnya ditarik dan dilakukan revisi total. Karena mengingat dua hal, yang petama adalah penyusunnya sangat tuna sejarah tidak mengerti sama sekali tentang sejarah Indonesia," demikian Huda.

Sebelumnya, Sekretaris PCNU Kabupaten Pringsewu Lampung, Muhammad Faizin menyampaikan, nama Gus Dur tidak ada dalam Kamus Sejarah Indonesia. Dia mengatakan nama Gus Dur hanya muncul sebagai pelengkap tulisan.

"Nama Gus Dur tidak dimasukkan ke jajaran tokoh yang ada. Nama Gus Dur hanya muncul sebagai pelengkap sejarah beberapa tokoh di antaranya tokoh Ali Alatas yang ditunjuk sebagai Penasehat Menteri Luar Negeri pada masa pemerintahan Gus Dur. Selain itu nama Gus Dur digunakan untuk melengkapi sejarah tokoh Megawati Sukarnoputri dan Widjojo Nitisastro," kata Faizin, seperti dikutip di situs nu.or.id, Rabu (21/4).

TAGS : Komisi X DPR Kamus Sejarah Indonesia Nama Gus Dur




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :