Sabtu, 20/04/2024 14:25 WIB

Terobosan Airlangga Berdampak Positif bagi Sektor Ketenagakerjaan

Banyak program berpihak pada upaya penyerapan tenaga kerja

Arnod Sihite, Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Percetakan dan Penerbitan dan Media Informasi Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP PPMI – KSPSI)

Jakarta, Jurnas.com - Sektor ketenagakerjaan perlahan namun pasti, mulai merasakan dampak positif dari profram pemulihan ekonomi nasional yang digawangi langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Prekonomian) Airlangga Hartarto.

Berbagai program dan terobosan yang dilakukan Kemenko Perekonomian sudah mulai memacu penyerapan tenaga kerja, setelah sekian lama sektor ini lesu akibat pukulan Pandemi Covid 19.

"Tentu saja kita akui bahwa sektor ketenagakerjaan ini perlahan mulai bangkit kembali," ungkap Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Percetakan dan Penerbitan dan Media Informasi Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP PPMI – KSPSI) Arnod Sihite kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Arnod menilai banyak program yang berpihak pada upaya penyerapan tenaga kerja, peningkatan SDM melalui kartu prakerja, serta program lainnya yang dampaknya sangat positif untuk mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional.

Bukan hanya itu, Arnod menyebut sejumlah program inisiatif Menko Perekonomian Airlangga seperti menggerakkan ekonomi melalui UMKM, kebijakan ekonomi nasional yang memberikan stimulus relaksasi, strategi pencegahan korupsi, dan hal lainnya sudah mulai membuahkan hasil.

"Artinya lapangan kerja berangsur membaik. Sebagai contoh investor sudah mulai masuk ini tentu bagus untuk ekonomi kita ke depan," sambung ketua Tenaga kerja dan pengembangan SDM Dewan pimpinan nasional Masyarakat Pertambangan Indonesia tersebut.


Arnod menolai wajar ketika temuan hasil survei beberapa waktu belakangan menyebut sosok Airlangga sebagai Capres potensial dari kalangan tokoh partai politik.

"Kalau saya melihat ya sebanding dengan kinerja beliau. Masyarakat tentu melihat bahwa apa yang beliau lakukan dalam upaya pemulihan ekonomi sudah tepat. Sekarang tinggal bagaimana kinerja yang baik ini terus dipertahankan," tukas Ketua tenaga kerja dam pengembangan sektor informal PPK Kosgoro 1957 tersebut.

Dengan kata lain, sah-sah saja Airlangga menonjol dalam survei tersebut karena banyak terobosan sebagai ketua pemulihan ekonomi dan Menko Prokonomian RI.

Apalagi baru-baru ini Airlangga mendorong agar wajib membayar THR buruh H-7 dengan keluarnya surat edaran Kemenaker yang mewajibkan pembayaran THR secara penuh dan tepat waktu termasuk gaji 13 PNS ,TNI dan Polri.

Bagi Arnod, tentu saja ini semua memacu agar bisa membelanjakan pendapatannya untuk mengerakkan dunia usaha, meningkatkan komsumsi masyarakat dan ketersediaan lapangan kerja.

"Sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia cepat baik," pungkas wakil sekjend DPP KSPSI pimpinan Yorrys Raweyai itu.

KEYWORD :

Arnod Sihite Airlangga Hartarto pemulihan ekonmi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :