Senin, 17/05/2021 17:43 WIB

Ideal jadi Mobil Reli, Ini Keunggulan Xpander AP4

Bobot Xpander yang mencapai 1.780 Kilogram itu juga menarik perhatian Rifat, selain weight balance

Uji Coba Perdana Mitsubishi Xpander AP4 (MMKSI)

Jakarta, Jurnas.com - Mitsubishi Xpander AP4 merupakan project prestius yang diapungkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama Brand Ambassador Rifat Sungkar. Project ini seolah ini mengembalikan kejayaan Mitsubishi di ajang reli, lewat varian Mitsubishi Evolution.

Pilihan menjadikan Mitsbishi Xpander untuk dikembangkan di ajang reli karena varian ini memang dirancang dengan pendistribusian berat yang baik serta keseimbangan berat yang juga mumpuni.

Rifat Sungkar sebenarnya telah menyadari keunggulan Mitsubishi Xpander saat pertama kali menggebernya di pusat riset Mitsubishi di Okazaki, Jepang pada 2017.

“Bisa dikendalikan sangat mudah, padahal jarak wheelbase-nya panjang. Konstruksi kaki-kakinya mirip sedan legendaris reli, Mitsubishi Evolution,” kata Rifat.

Bobot Xpander yang mencapai 1.780 Kilogram itu juga menarik perhatian Rifat, selain weight balance. Bobot ini sangat cocok untuk diubah menjadi mobil reli di kategori AP4. Diketahui mobil-mobil AP4 mewajibkan bobot antara 1.230 kg hingga 1.300 kg.

Dari kelebihan itu, Rifat dan Ralliart Selandia Baru mendapatkan kebebasan untuk melakukan beberapa modifikasi yang berhubungan dengan bobot mobil. Fokus yang mereka lakukan memang adalah mengurangi bobot Mitsubishi Xpander. Pasalnya weight distribution dan weight balance sudah sangat ideal untuk berkompetisi di balapan reli.

Seperti mobil reli lainnya, ubahan yang dilakukan adalah melepas seluruh interior mobil mulai dari jok mobil hingga ke dashboard. “Kaca mobil juga diganti dengan plexiglass agar lebih menyesuaikan peraturan kategori AP4,” ucap Rifat seperti dikutip di kanal YouTube Rifat Sungkar.

Penggunaan plexiglass membuat Rifat Sungkar berhasil membuat bobot mobil hemat 8 kilogram dari versi standar. Dari berbagai perubahan itulah Mitsubishi Xpander AP4 akhirnya mampu memenuhi regulasi bobot yang ditetapkan oleh AP4.

“Kita coba comply dengan regulasi yang ada meski sizing mobil memang lebih besar dari mobil reli yang biasa,” ucap Rifat Sungkar.

Kerja keras yang dilakukan oleh Rifat Sungkar dan Ralliart Selandia Baru tidak sia-sia. Terbukti dalam Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, Xpander AP4 sukses mendominasi hingga akhir lomba dengan catatan waktu total 10 menit 8,2 detik, atau lebih unggul 11 detik atas pesaing mereka yang berada di posisi kedua.

Xpander AP4 yang dikendarai Rifat Sungkar sukses jadi jawara di Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021

“Alhamdulillah kami dapat menutup lomba dengan juara dengan mengandalkan XPANDER AP4 yang berbasis dari model Mitsubishi Xpander. Event kali ini terbilang istimewa, lokasi balap yang bagus, di pinggir pantai dan menghadirkan suasana berbeda dari balapan-balapan sebelumnya,” ujar Rifat Sungkar.

Capaian Mitsubishi Xpander AP4 diapresiasi oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). President Director PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan capaian tersebut merupakan salah satu bukti ketangguhan Mitsubishi Xpander di berbagai medan.

“Selamat dan apresiasi tertinggi untuk Rifat Sungkar dan XPANDER Rally Team yang telah berhasil menjuarai kejuaraan Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 dengan XPANDER AP4. Ini kembali membuktikan beragam keunggulan Mitsubishi Xpander, yang tidak hanya dapat menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga favorit, namun juara di kompetisi motor sport,” ungkap Naoya Nakamura.

TAGS : MMKSI Mitsubishi Xpander Rifat Sungkar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :