Rabu, 28/07/2021 01:53 WIB

China Bakal Selektif Impor Makanan dari Jepang

China akan lebih selektif terhadap impor produk pertanian dan makanan dari Jepang, pasca Negeri Sakura itu melepaskan air terkominasi nuklir Fukushima ke laut.

Wilayah penyimpanan air radioaktif PLTN Fukushima

Beijing, Jurnas.com - China akan lebih selektif terhadap impor produk pertanian dan makanan dari Jepang, pasca Negeri Sakura itu melepaskan air terkominasi nuklir Fukushima ke laut.

Menurut rencana yang diungkapkan oleh Jepang pada Selasa lalu, pelepasan lebih dari 1 juta ton air terkontaminasi ke laut, akan dimulai dalam waktu sekitar dua tahun setelah penyaringan untuk menghilangkan isotop berbahaya.

Rencana tersebut mendapat penolakan langsung dari tetangganya Korea Selatan, China dan Taiwan.

Dikutip dari Reuters pada Kamis (15/4), China sangat prihatin dengan keputusan sepihak Jepang untuk membuang air limbah Fukushima ke laut. Demikian disampaikan Gao Feng, juru bicara Kementerian Luar Negeri China dalam keterangan persnya.

"Kami akan mengikuti perkembangan situasi dan menilai kemungkinan ancaman yang ditimbulkan terhadap keamanan pangan terkait dan produk pertanian serta perdagangannya, untuk memastikan keamanan konsumen China," kata Gao.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada Kamis ini bahwa negara itu memiliki sikap yang sama dengan Korea Selatan, untuk menentang tindakan Jepang.

TAGS : Air Limbah Nuklir Jepang China Fukushima




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :