Sabtu, 20/04/2024 14:04 WIB

BURT DPR Nilai RS Centra Medika Cibinong Layak Layani Peserta Jamkestama

Padatnya kegiatan DPR RI dalam melaksanakan tugas konstitusional, menuntut kesiapan Anggota Dewan untuk dapat mengikuti seluruh agenda kegiatan yang sangat padat.

Wakil Ketua BURT DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah

Jakarta, Jurnas.com - Padatnya kegiatan DPR RI dalam melaksanakan tugas konstitusional, menuntut kesiapan Anggota Dewan untuk dapat mengikuti seluruh agenda kegiatan yang sangat padat.

Hal ini berimplikasi terhadap Anggota Dewan untuk mendapatkan jaminan pemelihara kesehatan melalui pelaksanaan Program Pemeliharaan Jaminan Kesehatan (Jamkestama) yang prima dan memadai sesuai dengan peraturan dan ketentuan.

Untuk itu Tim Kunjungan Kerja Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI dipimpin Wakil Ketua BURT DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah meninjau Rumah Sakit Centra Medika Cibinong, sebagai rumah sakit provider PT Asuransi Jasindo dalam program Jamkestama. Kunjungan tersebut guna melihat fasilitas dan layanan sarana/prasarana rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada Anggota Dewan beserta keluarga.

“Jadi kami hadir hari ini bersama tim guna melihat dan mendengar secara langsung bagaimana pelayanan rumah sakit yang ada di sini, baik dari jumlah kamar yang ada, ataupun dokter-dokter yang beroperasi apakah sudah layak sebagai rumah sakit rujukan bagi Anggota DPR beserta keluarganya,” kata Dimyati pertemuan dengan jajaran manajemen RS Centra Medika Cibinong, di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Rabu (7/4).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menilai, layanan RS Centra Medika sudah sangat baik dan layak dalam memberikan pelayanan kepada peserta Jamkestama, dalam hal ini Anggota Dewan beserta keluarga, maupun masyarakat pada umumnya.

Diketahui RS Centra Medika ini memiliki dua layanan kesehatan yang diunggulkan dan menjadi rujukan bagi sejumlah RS di Bogor, yakni pelayanan kesehatan jantung dan kesehatan otak.

“Saya rasa dengan adanya dua pelayanan yang diunggulkan dan diprioritaskan rumah sakit ini, dinilai sangat baik. Tak hanya itu, pelayanan kesehatan lainpun bisa dibilang mumpuni, baik dari dokter-dokter yang profesional maupun pelayanan kesehatan lainya,” imbuh Dimyati.

Selain itu, terkait pelayanan pasien Covid-19, RS Centra Medika sudah mempunyai aturan dan protokol kesehatan sesuai aturan Kementerian Kesehatan.

“Dimana akses pasien penderita Covid-19 terpisah dari akses pasien lainnya. Adapun saluran udara maupun AC terpasang dari kamar per kamar tidak melalui AC central, jadi dengan demikian sirkulasi udara berjalan dengan baik. Sehingga kalau kita dengarkan seksama penjelasan tersebut, pelayanan penyakit Covid-19 sudah memenuhi standar protokol kesehatan,” tandas legislator dapil Banten I itu sembari berharap RS Centra Medika bisa melayani pasien Jamkestama dan masyarakat secara profesional dan lebih baik lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Sudi dari Bidang Pelayanan Medis RS Centra Medika Cibinong menjelaskan bahwa RS Centra Medika memiliki kapasitas 244 tempat tidur, dengan fasilitas sejumlah kamar tipe suite dan VVIP. Selain itu, RS Centra Medika menjadi rujukan se-Bogor terutama untuk layanan kesehatan jantung dan otak.

“Kita memeiliki pelayanan Hemodialisa dengan memiliki 54 mesin HD. Diharapkan pelayanan di RS bisa optimal dan baik dirasakan masyarakat,” jelas Dokter Sudi.

Terkiat pelayanan untuk pasien Covid-19, ia memastikan hingga saat ini masih terlayani dengan baik. Saat ini jumlah pasien Covid-19 sudah mengalami penurunan yang sangat drastis dibandingkan awal mula Covid-19 pada April 2020.

“Puncaknya di November 2020 hingga Januari 2021, di ruang rawat inap bisa 90 hingga 110 pasien yang dirawat. Namun ada kabar baik, di Bulan Februari dan Maret 2021, angka pasien Covid turun drastis hingga per hari ini terjadi penurunan luar biasa. Per hari  ini hanya ada 20 pasien,” jelas Dokter Sudi.

KEYWORD :

Warta DPR BURT DPR PEserta Jamkestama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :