Selasa, 20/04/2021 20:24 WIB

Ada Atensi Khusus Buat Pesantren di Munas Alim Ulama dan Mukernas PKB 2021

Pemulihan ekonomi pasca-pandemi melalui UMKM pesantren

Faisol Riza, Ketua Panitia Munas Alim Ulama dan Mukernas PKB 2021

Jakarta, Jurnas.com - Pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama, dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2021 akan menjadi momen spesial bagi kiprah Pondok Pesantren di Indonesia. Sebab akan ada atensi khusus buat pesantren di acara tersebut.

"Akan ada pemberian penghargaan pada pesantren-pesantren yang telah konsisten dan tetap menjalankan proses pembelajaran dan pengajaran di masa sulit saat pandemi ini," ujar Ketua Panitia Munas Alim Ulama dan Mukernas PKB 2021, Faisol Riza, Rabu (8/4/2021).

Ia pun menyebut sejumlah pondok pesantren akan diberikan penghargaan. Di antaranya Ponpes Lirboyo Kediri dengan total 32 ribu santri, Ponpes Krapyak Yogyakarta dengan 12 ribu santri, Ponpes Ploso Kediri, Ponpes Cipasung Tasikmalaya, Ponpes Tegalrejo Magelang, dan pondok pesantren dengan ribuan santri lainnya.

Selain pemberian penghargaan, Faizol yang juga Ketua DPP PKB mengatakan bahwa PKB akan mengangkat masalah implementasi UU Pesantren dan aturan-aturan turunannya.

PKB mengapresiasi lahirnya Peraturan Menteri Agama (PMA) No 30 Tahun 2020 tentang Pendirian dan Penyelenggaraan Pesantren (diundangkan pada 3 Desember 2020), PMA No 31 Tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren (diundangkan pada 30 November 2020), dan PMA No 32 Tahun 2020 tentang Ma’had Aly (diundangkan pada 3 Desember 2020).

"Banyak isu-isu lebih detail dan implementatif tentang aturan turunan UU Pesantren yang akan dibahas," jelas Faisol Riza.

Faisol Riza yang merupakan Ketua Komisi VI DPR RI menyebut sejumlah isu, misalnya terkait skema pendanaan untuk pesantren, kurikulum pesantren yang diberi keleluasaan untuk dikelola secara mandiri oleh pesantren, pengakuan pendidikan pesantren, pendidikan diniyah, serta kesetaraan gelar lulusan pesantren seperti halnya sekolah umum.

"Tentunya juga terkait pemulihan ekonomi pasca-pandemi melalui UMKM pesantren. Selama ini UMKM-lah yang paling serius terdampak pandemi," ungkap Faisol Riza.

TAGS : Munas Alim Ulama Mukernas PKB Faisol Riza Pondok Pesantren




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :