Selasa, 20/04/2021 19:56 WIB

Munas IX LDII, Wakbaintelkam Bangun Kolaborasi Ormas dan Polri Perkuat Kamtibmas

Penguatan SDM Profesional Religius

Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam) Irjen. Pol. Drs. Suntana

Jakarta, Jurnas.com - Musyawarah Nasional (Munas) IX Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) pada 7-8 April 2021 di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Jakarta Timur telah resmi di buka oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (7/4/2021) kemarin.

Munas IX LDII yang mengusung tema ‘Penguatan SDM Profesional Religius untuk Ketahanan dan Kemandirian Bangsa Menuju Indonesia Maju’ itu kemudian diisi sejumlah agenda musyawarah.

Termasuk agenda pembekalan yang disampaikan Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam) Irjen Pol Drs. Suntana. Pembekalan itu berjudul Kemitraan Ormas dan Polri dalam menjaga serta memelihara Kamtibmas.

Irjen Suntana mengatakan, upaya membangun kesatuan sebuah bangsa dapat dicapai melalui proses menguatkan kesadaran masyarakat untuk mencapai tujuan yang sama. Hal tersebut dapat terbentuk lewat peran dari Organisasi Masyarakat (Ormas).

"Indonesia memiliki ragam suku, bahasa, adat, budaya, dan agama. LDII sebagai Ormas yang mengedepankan Pancasila dan akhlakul karimah diharapkan dapat membantu mempersatukan keberagaman yang ada di Indonesia," ungkap Suntana.

Dalam menindak kejahatan, lanjutnya, polisi tidak dapat bekerja sendiri, tapi perlu bantuan dari berbagai pihak untuk mencegah kejahatan. Salah satunya adalah Ormas yang dapat menjadi salah satu pihak dalam mencegah kejahatan dikarenakan pihak yang langsung terjun menghadapi masyarakat.

“Ormas diharapkan tidak mudah terhasut dengan ajakan untuk bergabung dengan kelompok-kelompok radikalisme dan berusaha untuk menasehati keluarga atau rekan yang sudah terindikasi dengan ajakan faham radikalisme," terang Suntana.

Di akhir penyampaiannya, Irjen Suntana berharap Ormas dapat menjadi mitra polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Terlebih, Ormas dapat mengajak dan juga mengarahkan kelompok intoleransi menimbulkan sikap toleransi terhadap keberagaman yang ada di Indonesia.

TAGS : Munas IX LDII Lembaga Dakwah Islam Indonesia Polri Irjen Suntana radikalisme




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :