Rabu, 06/07/2022 13:28 WIB

Bahrain Tunjuk Dubes Pertama untuk Israel

Bahrain telah menunjuk duta besar pertamanya untuk Israel dan menetapkan misi diplomatiknya di sana sesuai dengan keputusan kerajaan yang dikeluarkan pada Selasa.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kiri) berbicara dengan Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif bin Rashid Al Zayani (kanan) menjelang pertemuan mereka di Kantor Perdana Kementerian di Yerusalem Barat pada 18 November 2020. [Perdana Menteri Israel / Handout - Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Bahrain telah menunjuk duta besar pertamanya untuk Israel dan menetapkan misi diplomatiknya di sana sesuai dengan keputusan kerajaan yang dikeluarkan pada Selasa.

Dilansir Middleeast, Jumat (02/03), Utusan itu bernama Khaled Yousif Al-Jalahma yang sebelumnya adalah direktur operasi di Kementerian Luar Negeri Bahrain dan wakil kepala misi di Kedutaan Besar Bahrain di AS sebelumnya.

The Times of Israel melaporkan bahwa penunjukan Al-Jalahma telah disetujui oleh Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi, setelah mitranya dari Bahrain menyarankan namanya selama percakapan pada hari Minggu.

"Keputusan pemerintah Bahrain untuk menunjuk seorang duta besar untuk Israel merupakan langkah penting lainnya dalam pelaksanaan perjanjian damai antara dan penguatan hubungan antara kedua negara," kata Ashkenazi kepada Al-Zayani dalam sebuah pernyataan.

Sebuah tim Bahrain diperkirakan akan tiba di Israel dalam beberapa minggu mendatang untuk mendirikan kedutaan besar di daerah Tel Aviv.

Perkembangan diplomatik terjadi setelah UEA baru-baru ini menunjuk utusannya untuk Israel .

UEA dan Bahrain menormalisasi hubungan dengan Israel pada upacara penandatanganan di Washington September lalu sebagai bagian dari apa yang disebut Persetujuan Abraham. Tindakan itu dikecam oleh Iran dan sekutu regionalnya.

Menanggapi berita pengumuman Bahrain, juru bicara Hamas Hazem Qassem yang dikutip oleh Anadolu Agency mengatakan keputusan itu adalah hasil dari bersikeras atas kesalahan penandatanganan perjanjian normalisasi dengan pasukan pendudukan.

TAGS : Dubes Bahrain Wilayah Israel




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :