Senin, 17/05/2021 20:13 WIB

Empat Balon Rektor Universitas Terbuka Pamer Gagasan

Empat balon yang bersaing ialah Prof. Drs. Ojat Darojat MBus Phd, Prof. Drs. Udan Kusmawan MA PhD, Dr. Maman Rumanta MSi, dan Muhammad Husni Arifin SAg MSi PhD.

Empat bakal calon rektor Universitas Terbuka (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Empat bakal calon (balon) rektor Universitas Terbuka (UT) mempresentasikan berbagai gagasan, dalam webinar presentasi bakal calon rektor UT 2021-2025 pada Selasa (30/3).

Empat balon yang bersaing ialah Prof. Drs. Ojat Darojat MBus Phd, Prof. Drs. Udan Kusmawan MA PhD, Dr. Maman Rumanta MSi, dan Muhammad Husni Arifin SAg MSi PhD.

Bakal calon petahana, Ojat Darojat menyampaikan komitmennya untuk mewujudkan visi dan misi Universitas Terbuka, menjadi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) berkelas dunia.

Selain itu Ojat juga memaparkan pencapaiannya dalam periode sebelumnya, yaitu pendirian jenjang doktor Universitas Terbuka, keterlibatan UT dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), hingga efisiensi anggaran.

"Melalui SNMPTN ini kita mendapatkan keuntungan merekrut lulusan yang bagus-bagus. Karena mereka berprestasi di kelasnya," kata Ojat.

"Tata kelola keuangan kita juga banyak perubahan yaitu transformasi digital untuk bahan ajar. Anggaran yang kita hemat untuk ini tertulis angka Rp15 miliar. Sedangkan dari sisi distribusi manajemen bahan ajar Rp9 miliar," papar Ojat.

Bakal calon lainnya, Maman Rumanta mengusung strategi tiga pilar pengembangan Universitas Terbuka ke depan. Salah satunya peningkatan kualitas dan relevansi akademik, peningkatan data jangkau dan kualitas layanan, dan tatap kelola yang baik.

Sementara itu Muhammad Husni Thamrin siap melakukan sejumlah kebijakan strategis antara lain peningkatan mutu dan relevansi Tridharma Perguruan Tinggi, peningkatan mutu dan manajemen internal.

"Juga peningkatan daya jangkau dan mutu layanan, dan peningkatan keunggulan dan rekognisi UT sebagai yang terdepan dalam pembelajaran jarak jauh," kata Husni.

Calon terakhir ialah Udan Kusmawan. Dia berjanji untuk membawa UT menjadi PTTJJ yang berdaya saing dunia. Dia juga ingin meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, menyempurnakan ekosisitem digital, serta meningkatkan mutu penelitian melalui peningkatan jumlah publikasi dan dampaknya.

"Kami akan menggunakan potensi kekuatan yang dimiliki, dengan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada dan mampu menembus setiap tantangan di depan," tandas Udan.

TAGS : Pilrek UT Universitas Terbuka Bakal Calon Rektor




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :