Rabu, 21/04/2021 09:44 WIB

Peringati HUT PPNI, RS Premier Bintaro Apresiasi Seluruh Perawat Hadapi Covid-19

selain memperingati HUT PPNI dan juga untuk memberikan apresiasi, dukungan serta ucapan terima kasih kepada seluruh perawatan tanah air yang menjadi garda terdepan saat Covid-19.

Ilustrasi perawat (foto: google)

Jakarta, Jurnas.com - Dalam rangka memperingati HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang ke-47, RS Premier Bintaro menggelar giant Webinar dengan topik "Perawat Tangguh, Indonesia Bebas Covid-19, Masyarakat Sehat".

Dalam menyelenggarakan acara ini, RS Premier Bintaro bekerjasama dengan IKAMARS, PPNI, RSUP Persahabatan, dan STIKES Pertamedika Jakarta, yang berlangsung pada Minggu (28/03).

Dr. Martha M.L. Siahaan, MARS, selaku CEO RS Premier Bintaro mengatakan selain memperingati HUT PPNI dan juga untuk memberikan apresiasi, dukungan serta ucapan terima kasih kepada seluruh perawatan tanah air yang menjadi garda terdepan saat Covid-19.

"Acara ini juga sebagai wujud terima kasih kepada para perawat yang merupakan ujung tombak senantiasa berjuang selama 24 jam tanpa kenal lelah meskipun harus mempertaruhkan nyawa, bersama dengan tenaga medis lainnya dalam menghadapi Pandemi Covid-19," kata Martha.

Senada dengan Martha, Harif Fadhillah, (Ketua PPNI Pusat), perawat yang tangguh yaitu perawat yang memiliki kompetensi, spiritual yang tinggi, optimisme dan harapan, serta memiliki sense of humor.

"Perawat seperti itulah yang sangat dibutuhkan tanah air, apalagi saat menghadapi kondisi saat ini," ujar Harif.

Sementara itu, Satinah(Kepala Bidang Keperawatan RSUP Persahabatan) menyampaikan manajemen fasilitas dan keselamatan penanggulangan bencana terdiri dari mengelola SDM Keperawatan selama kejadian, mengelola kegiatan klinis dan tempat pelayanan alternatif, identifikasi peran.

"Juga tugas tanggung jawab staf, mengelola keadaan darurat jika terjadi konflik tanggung jawab pribadi staf dan tanggung jawab rumah sakit," ujarnya.

Prof. Dr. Budi Anna Keliat (Guru Besar Ilmu Keperawatan Jiwa dan Komunitas Fakultas Ilmu Keperawatan Univ. Indonesia) mengatakan selain menjalani protokol kesehatan yang ketat, emosi seorang perawat juga sangat berperan penting di situasi seperti ini.

"Apabila perawat memiliki emosi positif maka dapat meningkatkan endorfin, imunitas dan kepatuhan terhadap perawatan meningkat, dengan demikian ia tidak akan tertular maupun menularkan," tuturnya.

RS Premier Bintaro merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group, grup rumah sakit swasta yang memiliki beberapa rumah sakit dan fasilitas di Malaysia, Hongkong dan Indonesia. RS Premier Bintaro memiliki layanan unggulan / Center of Excellence (COE), yaitu Spine Center, Sport Clinic dan Vascular Center.

Webinar ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu, Satinah, S.Kep, Ners, M.Kep (Kepala Bidang Keperawatan RSUP Persahabatan), Ns. Maryati, S.Kep, S.Sos, MARS (Ketua STIKES Pertamedika Jakarta), Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp, M.App.Sc (Guru Besar Ilmu Keperawatan Jiwa dan Komunitas Fakultas Ilmu Keperawatan Univ. Indonesia), Rosdelima Simarmata,BN, SE, MARS (Manager Keperawatan RS Premier Bintaro), Ns. Evy Ekantiana, S.Kep (Ketua Komite Keperawatan dan Pain Management Nurse RS Premier Bintaro)

TAGS : Premier Bintaro Perawat Indonesia Pandemi Covid




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :