Selasa, 05/07/2022 21:59 WIB

Presiden Sebut Tak Impor Beras Hingga Juni 2021, Entah Setelah Itu?

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Jokowi tegaskan tak ada impor beras dalam beberapa bulan kedepan, khususnya di musim panen raya yang kemungkinan akan terjadi pada April 2021 mendatang.

"Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 26 Maret 2021.

Kepala Negara juga mengatakan sudah lama Indonesia tidak membeli beras dari luar negeri. "Kita tahu, sudah hampir tiga tahun ini kita tidak mengimpor beras," tegasnya.

Hanya saja, masih ada tanda tanya besar, apakah pemerintah akan melakukan impor beras setelah Juni? Terlebih ada nota kesepahaman antara Indonesia dengan Thailand dan Vietnam terkait impir beras.

Namun nota kesepahaman itu merupakan opsi yang dapat ditempuh di tengah situasi pandemi yang penuh ketidakpastian saat ini.

Jokowi mengatakan hingga saat ini tak ada beras Thailand maupun Vietnam yang masuk ke Indonesia.

"Saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk," imbuhnya.

Bersamaan dengan itu, Presiden Jokowi memerintahkan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menyerap beras petani pada panen raya mendatang, sekaligus meminta Menteri Keuangan untuk menyiapkan anggaran yang diperlukan.

Pertanyaan besarnya yang belum terjawab adalah, Apakah setelah Juni akan ada impor beras?

TAGS : Impor Beras Presiden Jokowi Bulog




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :