Kamis, 13/05/2021 16:34 WIB

Eks Mensos Juliari Akui Sering Gunakan Pesawat Pribadi untuk Kunjungan Kerja

Setidaknya Juliari pernah menggunakan pesawat tiga-empat kali saat masih menjabat.

Mantan Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara

Jakarta, Jurnas.com - Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara mengakui beberapa kali menyewa pesawat khusus untuk kunjungan kerja. Setidaknya Juliari pernah menggunakan pesawat tiga-empat kali saat masih menjabat.

Pengakuan ini disampaikan Juliari saat bersaksi dalam sidang perkara dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek dengan terdakwa konsultan hukum Harry Sidabuke dan Direktur PT Tigapilar Agro Utama Ardian Iskandar Maddanatja.

"Pernah beberapa kali (sewa pesawat). Mungkin sekitar tiga empat kali. Yang saya ingat pernah ke Luwu Utara lihat banjir kalau nggak salah. Ke Natuna, kemudian ke Bali pernah sekali, ke Semarang pernah, ke Tanah Bumbu dan Malang," kata Juliari di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (22/3).

Juliari mengklaim tidak mengetahui anggaran yang dipergunakan untuk menyewa pesawat tersebut. Juliari mengklaim persoalan anggaran diurus oleh Biro Umum Kementerian Sosial.

"Kalau pesawat sewa charter pak. Ya kalau anggaran mengurus keperluan itu kan di Biro Umum keperluan menteri karena kan Biro Umum membawahi tata usaha menteri, protokol," katanya.

Saat disinggung mengenai anggaran khusus menyewa pesawat di Biro Umum, Juliari mengklaim tak mengetahuinya. Juliari yang juga tersangka penerima suap bansos mengaku hanya memerintahkan sekretaris pribadinya untuk berkoordinasi dengan Biro Umum jika membutuhkan pesawat.

"Angggaran pastinya saya nggak paham, tapi terkait perjalanan dinas biasanya di handle Biro Umum. Ya otomatis karena saya tahu Biro Umum ya misal sewa pesawat saya bilang ke Sespri saya agar koordinasi ke biro umum. Kabiro umum masih rangkap pak Adi Wahyono. Saya tahunya kan anggaran yang ada. Saya nggak mungkin tahu detailnya dari mana anggarannya," katanya.

Dalam persidangan sebelumnya, pejabat pembuat komitmen (PPK) Kemsos, Matheus Joko Santoso mengatakan uang fee dari rekanan pengadaan bansos, antara lain dipergunakan untuk sewa pesawat yang digunakan dalam kunjungan kerja Juliari Batubara.

TAGS : KPK Menteri Sosial Juliari Batubara Tersangka Korupsi Dana Bansos Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :