Minggu, 16/05/2021 00:20 WIB

WHO Bilang Manfaat Vaksin AstraZeneca Lebih Besar daripada Risikonya

Puluhan negara Eropa telah menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca pada minggu ini di tengah kekhawatiran efek samping dari vaksin yang berkantor pusat di Cambridge, Inggris.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: Reuters)

Jenewa, Jurnas.com - Panel keamanan vaksin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganggap bahwa manfaat vaksin COVID-19 AstraZeneca lebih besar daripada risikonya dan merekomendasikan agar vaksinasi dilanjutkan.

WHO mendaftarkan vaksin AstraZeneca dan Universitas Oxford untuk penggunaan darurat bulan lalu, memperluas akses ke suntikan yang relatif murah di negara berkembang.

Puluhan negara Eropa telah menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca pada minggu ini di tengah kekhawatiran efek samping dari vaksin yang berkantor pusat di Cambridge, Inggris.

European Medicines Agency (EMA) mengatakan sedang menyelidiki laporan 30 kasus kelainan darah yang tidak biasa dari 5 juta penerima vaksin AstraZeneca. Secara total, 45 juta tembakan COVID-19 telah dikirim ke seluruh wilayah.

Regulator UE akan merilis temuannya pada hari Kamis tetapi kepalanya, Emer Cooke, mengatakan dia tidak melihat alasan untuk mengubah rekomendasinya terhadap AstraZeneca - salah satu dari empat vaksin yang telah disetujui untuk digunakan.

WHO mengatakan Komite Penasihat Global untuk Keamanan Vaksin sedang menilai dengan cermat data keamanan terbaru yang tersedia untuk vaksin AstraZeneca.

"Begitu peninjauan itu selesai, WHO akan segera mengkomunikasikan temuan itu kepada publik," kata WHO dalam pernyataannya sehari setelah para ahli mengadakan rapat tertutup.

"Saat ini, WHO menganggap bahwa manfaat vaksin AstraZeneca lebih besar daripada risikonya dan merekomendasikan agar vaksinasi dilanjutkan," tambahnya. (Reuters)

TAGS : Vaksin COVID-19 AstraZeneca WHO




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :