Kamis, 17/06/2021 15:13 WIB

Kementan Dukung Pengembangan SDM Pertanian Melalui P4S

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus Kementan.

Penyerahan bantuan mesin potong rumput. (Foto: Ist)

Lampung, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM di bidang pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus Kementan.

“Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian," tegas Mentan Syahrul

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan, pengembangan SDM, salah satunya di upayakan melalui P4S. P4S merupakan lembaga pelatihan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun kelompok. Selain itu P4S juga berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM pertanian dalam bentuk pelatihan dan pemagangan dari oleh dan untuk petani serta masyarakat perdesaan.

"Hal ini merupakan wujud nyata partisipasi aktif petani, khususnya petani maju yang usahanya layak dicontoh dan ditiru oleh petani lainnya dalam mempercepat penerapan teknologi baru," katanya.

Menurutnya peran P4S sangat strategis, sehingga pemerintah mendorong penumbuhkembangan P4S dalam rangka mempercepat proses pembangunan pertanian dan perdesaan.

"Selain itu, pemerintah juga terus berupaya untuk memberdayakan P4S melalui pembinaan secara berkesinambungan, baik dari aspek manajemen pelatihan/permagangan, maupun pengembangan usaha, mengingat kapasitas pengelola P4S pada umumnya masih perlu ditingkatkan," ujar Dedi.

Sejalan dengan peningkatan kapasitas SDM melalui P4S, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung salah satu unit kerja di bawah BPPSDMP menyerahkan bantuan sarana prasarana untuk mendukung peran dan fungsi Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) di Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Selasa (9/3), tepatnya di P4S Kopi Gunung Ikamaja Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung.

Bantuan yang diserahkan berupa cultivator, mesin pemotong rumput, sprayer elektrik, kasur busa dan kursi. Diserahkan langsung oleh Abdul Roni Angkat, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung kepada Ketua P4S Kopi Gunung IKAMAJA, Saeful Anwar.

Bantuan ini sebagai bentuk dukungan Kementerian Pertanian kepada P4S dalam menunjang tugas dan fungsi P4S sebagai lembaga pelatihan petani yang berperan aktif dalam pembangunan pertanian bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

"Alhamdulillah, bantuan yang diberikan ini ada pada moment yang tepat dan bantuan yang diserahkan juga tepat sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal untuk masyarakat yang akan magang ke P4S Kopi Gunung," papar Away sapaan akrab Saeful Anwar .

Away pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Pertanian melalui Balai Pelatihan Pertanian Lampung atas bantuan sarana prasaran yang diberikan.

"Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi petani, peserta magang dan masyarakat yang ingin belajar khususnya di P4S Kopi Gunung Ikamaja Lampung Barat," ujar Away

Sementara Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung, Abdul Roni Angkat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh P4S Kopi Gunung IKAMAJA dan berharap dengan adanya bantuan ini, kegiatan di P4S Kopi Gunung Ikamaja dapat terus berjalan dengan didukung sarana dan prasarana yang lebih baik.

“Melalui Kegiatan pembelajaran di P4S Kopi Gunung Ikamaja, diharapkan dapat muncul petani petani milenial yang akan mensukseskan pembangunan pertanian sehingga pertanian Indonesia menjadi pertanian yang maju, mandiri, modern dan berkelanjutan.” ujar Roni.

TAGS : Kementan Dedi Nursyamsi Pengembangan SDM




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :