Sabtu, 20/04/2024 07:05 WIB

Ini Resep Jitu Gus Menteri Agar Bolaang Mongondow Bisa Lebih Maju

Wilayah ini juga mengharapkan bantuan dari Kemendes PDTT untuk lakukan pembinaan bagi kelompok pengelola Desa Wisata agar lebih profesional.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Bupati Bolaang Mongondow Selatan Iskandar Kamaru di Ruang Rapat Menteri, Selasa (16/3/2021). (Foto: Kemendes PDTT)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Bupati Bolaang Mongondow Selatan Iskandar Kamaru di Ruang Rapat Menteri, Selasa (16/3/2021).

Kedatangan Iskandar Kamaru ingin mengundang Menteri Desa untuk menghadiri kegiatan Desa Expo yang rencananya digelar pada medio April 2021 ini.

"Desa Expo akan menampilkan seluruh BUMDes, perjalanan Dana Desa dari setiap desa dan manfaatnya. Ini semua akan dipamerkan di acara itu," kata Iskandar.

Iskandar juga memaparkan jika beberapa BUMDes telah sukses mengembangkan UMKM yang ada di desa, termasuk produk lokal seperti minyak kelapa kampung dan Abon berbahan ikan tuna.

Tahun ini, Bolaang Mongondow Selatan bakal kembangkan 60 Desa Wisata. Dan satu desa yang dapat bantuan dari Kemendes PDTT.

Wilayah ini juga mengharapkan bantuan dari Kemendes PDTT untuk lakukan pembinaan bagi kelompok pengelola Desa Wisata agar lebih profesional.

Selain itu, ada dua wisata edukasi yaitu Penangkaran Burung Endemik Sulawesi, Maleo dan Trekking Mangrove, dimana terdapat Mangrove yang disebut tertua dan kerap didatangi oleh peneliti.

Menanggapi hal itu, Gus Menteri, sapaan akrab, Menteri Desa, beri apresiasi dengan sejumlah keberhasilan yang telah dijalankan oleh Pemerintah Daerah itu, apalagi berkaitan dengan tiga hal yaitu Kemiskinan, Kesehatan dan Pendidikan.

Gus Menteri lantas memberikan resep jitu jika Bolaang Mongondow Selatan ingin lebih maju, yaitu dengan fokus pada pembangunan di desa-desa.

"Dana Desa yang ada harus dimanfaatkan dengan maksimal dengan berbasis masalah yang dihadapi desa," kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Dana Desa difokuskan ke Kemiskinan, Kesehatan dan Pendidikan yang notabene persoalan mendasar, makan Indeks Desa Membangun (IDM) juga bakal meningkat signifikan.

Gus Menteri mengatakan, jika IDM meningkat maka akan beri efek bagi Kabupaten sendiri.

Kemendes PDTT akan memetakan desa-desa yang bisa dijadikan pilot project di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan untuk salah satu arah tujuan yang terdapat dalam SDGs Desa yakni desa tanpa kemiskinan.

"Kita akan lakukan pemetaan terlebih dahulu, arahnya mau dibawah kemana desa-desa ini. Kita siap dorong agar desa-desa menjadi lebih maju dan membawa keberhasilan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan jadi Kabupaten Terdepan untuk pemberantasan Kemiskinan," kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Turut menemani Gus Menteri menerima rombongan Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Dirjen Pengembang Ekonomi dan Investasi Harlina Sulistyorini dan PLT Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Rosyidah Rachmaty.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa Gus Menteri Wisata BUMDes Dana Desa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :