Sabtu, 15/05/2021 14:21 WIB

AstraZeneca Bermasalah, WHO Minta Vaksinasi Jalan Terus

rganisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan imbauan agar tidak ada kebijakan menyetop kampanye vaksinasi, setelah dua negara Eropa dan satu negara di Asia menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca, karena kekhawatiran keamanan.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: Reuters)

Jenewa, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan imbauan agar tidak ada kebijakan menyetop kampanye vaksinasi, setelah dua negara Eropa dan satu negara di Asia menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca, karena kekhawatiran keamanan.

Pada pekan lalu, Irlandia, Belanda, dan Thailand menyatakan penundaan vaksinasi menggunakan AstraZeneca setelah muncul laporan pembekuan darah. Sementara Indonesia masih menunggu.

Denmark dan Norwegia telah melaporkan kasus pembekuan darah dan jumlah trombosit yang rendah setelah menggunakan vaksin AstraZeneca, mengikuti langkah Islandia dan Bulgaria.

Adapun Prancis, Jerman, dan Inggris menyatakan tidak khawatir atas laporan tersebut, dikutip dari Reuters pada Senin (15/3).

WHO mengatakan panel penasihatnya sedang meninjau laporan terkait dengan dugaan itu, dan akan merilis temuannya sesegera mungkin.

"Sampai hari ini, tidak ada bukti bahwa insiden tersebut disebabkan oleh vaksin. Dan penting agar kampanye vaksinasi terus berlanjut sehingga kami dapat menyelamatkan nyawa dan membendung penyakit parah dari virus tersebut," kata juru bicara WHO Christian Lindmeier.

 
TAGS : WHO Program Vaksinasi Vaksin Covid-19 AstraZeneca




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :