Minggu, 18/04/2021 13:42 WIB

Warga AS Boleh Lepas Masker dan Tak Perlu Jaga Jarak jika Sudah Divaksin

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengeluarkan rekomendasi, yang mengizinkan warga yang telah divaksinasi untuk kembali hidup normal.

Masker (Foto: Unsplash/Mika Baumeister)

Washington, Jurnas.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengeluarkan rekomendasi, yang mengizinkan warga yang telah divaksinasi untuk kembali hidup normal.

Tiga rekomendasi yang dikeluarkan CDC ialah, warga yang sudah divaksinasi Covid-19 dapat melepas masker dan mengabaikan jaga jarak, jika berada dalam satu ruangan dengan orang lain yang sudah divaksinasi lengkap.

Selain itu, warga diizinkan berada dalam satu ruangan dengan orang yang belum divaksinasi yang berisiko rendah terkena penyakit parah akibat virus tersebut. Juga, mereka yang sudah divaksinasi dapat melewati pengujian maupun karantina jika kembali terpapar Covid-19, kecuali muncul gejala.

Menurut CDC, seseorang dianggap telah terlindungi dua minggu setelah mereka mengambil dosis terakhir vaksin Covid-19. Sebagaimana diketahui, terdapat dua tahapan vaksinasi yang jarak antara keduanya selama dua minggu. Dan lebih dari 30 juta orang Amerika telah divaksinasi penuh sejauh ini.

"Kami mulai menggambarkan seperti apa dunia ini saat kami bergerak melampaui Covid-19," kata penasihat senior Andy Slavitt dikutip dari BBC pada Selasa (9/3).

"Karena semakin banyak orang mendapatkan vaksinasi, daftar aktivitas akan terus bertambah," lanjut dia.

Kendai demikian, mereka yang divaksinasi tetap diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak di depan umum, serta menghindari keramaian dan perjalanan.

Pedoman tersebut juga menyerukan untuk menutupi dan menjauhkan diri dari mereka yang tidak divaksinasi, dan yang mungkin berisiko tinggi mengalami komplikasi serius terkait Covid-19.

"Lebih dari 90 persen populasi masih belum divaksinasi," kata Direktur CDC Dr Rochelle Walensky dalam keterangan terpisah.

"Tanggung jawab kami adalah memastikan, dalam konteks 60.000 kasus baru setiap hari, bahwa kami melindungi mereka yang rentan," tegas dia.

 
TAGS : Amerika Serikat CDC Warga AS Jaga Jarak Memakai Masker




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :