Kamis, 22/04/2021 04:04 WIB

HNW: Gencarnya Sosialisasi Empat Pilar MPR Harus Berujung Kepada Implementasi

Dengan memahami Empat Pilar maka diharapkan dalam diri setiap anak bangsa akan tumbuh dan berkembang rasa kecintaan yang tinggi terhadap negara sehingga persatuan dan kesatuan akan terus terjaga.

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (HNW). (Foto: MPR)

jurnas.com - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang gencar dilakukan MPR ke berbagai elemen masyarakat Indonesia adalah sesuatu yang sangat penting buat rakyat.

Dengan memahami Empat Pilar maka diharapkan dalam diri setiap anak bangsa akan tumbuh dan berkembang rasa kecintaan yang tinggi terhadap negara sehingga persatuan dan kesatuan akan terus terjaga.

Namun, Hidayat mengingatkan masifnya sosialisasi harus berujung kepada implementasi. Jangan sampai pemberian wawasan yang bagus soal nilai-nilai luhur bangsa hanya sekedar teori semata, lalu hilang seiring waktu. Hidayat mengutip kata-kata mutiara berbahasa Arab yakni ‘Al’ilmu bilaa’amalin kasyajari bila tsamarin’ yang bermakna, ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah. “Sosialisasi akan percuma jika itu terjadi,” tambahnya.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan MPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akrab disapa HNW ini, saat hadir secara virtual dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kerjasama MPR dengan Yayasan Al Madinah, di kota Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (7/3/2021).

Lebih jauh, HNW mengingatkan, agar implementasi Sosialisasi Empat Pilar sesuai dengan harapan, maka metode serta materi yang disampaikan harus baik dan benar serta berasal dari sumber terpercaya. “Ini saya garisbawahi, sebab kalau dalam terorinya saja salah, maka prakteknyapun akan ikut salah dan itu berbahaya sekali,” katanya.

MPR sendiri, lanjut HNW, sangat menyadari hal itu. Makanya, saat awal melakukan sosialisasi, MPR memulainya di Jakarta dengan target peserta dari kalangan legislatif yakni anggota DPR dan DPD.

Lalu berlanjut melakukan kerjasama dengan eksekutif yakni Presiden, Wakil Presiden, para menteri terus kepada lembaga-lembaga negara, TNI-Polri, dan para kepala daerah, supaya mereka bisa menjadi contoh teladan dalam melaksanakan Empat Pilar MPR.

“Untuk urusan materi, metode, target sosialisasi, sebenarnya telah dilakukan MPR secara maksimal dan kuasa MPR berhenti sampai di situ. Selanjutnya, kami tidak punya unsur pemaksa untuk menghukum pihak-pihak yang tidak melaksanakan Empat Pilar. MPR hanya melakukan imbauan agar sosialisasi diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat,” terangnya.

Melihat begitu hebatnya dampak Sosialisasi Empat Pilar buat rakyat, HNW mengajak seluruh rakyat untuk ikut berpartisipasi. “Partisipasi rakyat bukan hanya menjadi peserta saja, tapi juga bisa turut memberikan ide-ide, gagasan-gagasan segar untuk meningkatkan kualitas metode penyampaian sosialisasi agar semakin mudah diterima dan dipahami rakyat terutama generasi milenial. Jika ada, dipersilahkan menyampaikan pada saat sosialisasi atau datang langsung ke MPR,” tandasnya.

TAGS : Kinerja MPR HNW Sosialisasi Empat Pilar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :