Kamis, 22/04/2021 10:19 WIB

WHO Minta Negara Tak Kendor Lawan COVID-19

Rekor kematian akibat COVID-19 telah dilaporkan di Brasil minggu ini dan sistem rumah sakitnya di ambang kehancuran, sebagian didorong oleh varian yang lebih menular yang pertama kali diidentifikasi di negara tersebu

Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) (Foto: Reuters)

Jenewa, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, kedatangan vaksin COVID-19 seharusnya tidak menggoda negara-negara untuk melonggarkan upaya memerangi pandemi COVID-19. Itu disampaikan merujuk kekhawatiran, epidemi Brasil dapat menyebar ke negara lain.

"Kami pikir kami sudah melalui ini. Kami tidak," kata Direktur Eksekutif Program Kedaruratan WHOMike Ryan dalam sebuah pengarahan daring. "Negara-negara akan meluncur kembali ke gelombang ketiga dan keempat jika kita tidak berhati-hati."

Rekor kematian akibat COVID-19 telah dilaporkan di Brasil minggu ini dan sistem rumah sakitnya di ambang kehancuran, sebagian didorong oleh varian yang lebih menular yang pertama kali diidentifikasi di negara tersebut.

Di tingkat global, jumlah kasus COVID-19 membalikkan tren penurunan enam minggu pekan lalu meskipun jutaan dosis vaksin telah dikirimkan dalam beberapa pekan terakhir, data WHO menunjukkan.

"Sekarang bukan waktunya untuk Brasil atau di mana pun dalam hal ini untuk bersantai," tambah Ryan. "Kedatangan vaksin adalah momen harapan besar, tetapi juga berpotensi menjadi momen di mana kami kehilangan konsentrasi."

Sementara itu, Kepala WHO Tedros, Adhanom Ghebreyesus menggambarkan epidemi di Brasil sebagai sangat, sangat memprihatinkan dan memperingatkan kemungkinan limpahan regional.

"Jika Brasil tidak serius, maka itu akan terus mempengaruhi semua lingkungan di sana dan sekitarnya," kata dia. (Reuters)

TAGS : WHO Pandemi COVID-19 Mike Ryan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :