Kamis, 22/04/2021 02:55 WIB

IMF Puji Kebijakan Ekonomi Indonesia Hadapi Covid-19

IMF memproyeksikan perbaikan ekonomi Indonesia pada 2021 akan berlanjut, seiring dengan program vaksinasi Covod 19

International Monetary Fund (IMF)

Jakarta, Jurnas.com - International Monetary Fund (IMF) memberi pujian kepada Pemerintah Indonesia dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini.

Hal ini tertuang dalam laporan Article IV Consultation tahun 2020 yang menilai positif sinergi dan bauran kebijakan dalam selama masa pandemi.

Adapun, kebijakan pengendalian pandemi di sektor kesehatan, stimulus fiskal, moneter akomodatif, pelonggaran kebijakan makro dan mikroprudensial serta kebijakan burden sharing Bank Indonesia dengan Pemerintah.

Lebih rinci, catatan positif makroekonomi diberikan untuk pertama, komitmen otoritas mengembalikan batas atas defisit fiskal sebesar 3% pada 2023 secara gradual.

Kedua, kebijakan moneter akomodatif dengan tetap memperhatikan tingkat inflasi, melalui kebijakan suku bunga rendah dan pembelian SBN oleh BI dalam kondisi extraordinary saat ini.

"Ketiga, reformasi struktural dengan penerapan omnibus law dan pengembangan infrastruktur untuk mendukung pemulihan ekonomi," tulis laporan IMF di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

IMF memproyeksikan perbaikan ekonomi Indonesia pada 2021 akan berlanjut, seiring dengan program vaksinasi Covod 19 dan strategi kebijakan yang terkoordinasi.

TAGS : IMF Kebijakan Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :