Kamis, 18/04/2024 23:43 WIB

Menkes Apresiasi Vaksinasi Drive Thru

Menkes Budi mengatakan menyelesaikan program vaksinasi di Tanah Air, diperlukan dukungan dari seluruh elemen bangsa

Vaksinasi Covid-19 Drive Thru di kemayoran (Kemenkes)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar vaksinasi massal Covid-19 bagi 6.000 lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta di JIEXPO Kemayoran selama satu minggu kedepan.

Vaksinasi ini mengusung metode drive thru. Alhasil semua tahapan vaksinasi bisa dilaksanakan di atas kendaraan, sehingga dapat mengurangi interaksi dengan orang lain.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan vaksinasi drive thru. 

Menkes Budi berharap agar cara ini bisa menginspirasi seluruh komponen bangsa untuk membantu pelaksanaan program vaksinasi nasional dalam rangka mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Pemerintah telah menargetkan total 181,5 juta penduduk Indonesia agar mendapatkan vaksin Covid-19. Pemerintah sendiri resmi memulai vaksinasi perdana Covid-19 sejak 13 Januari 2021, dan ditargetkan rampung dalam waktu satu tahun ke depan.

Hingga bulan Juni mendatang, diperkirakan jumlah vaksin yang bakal tersedia di Indonesia sekira 90 juta dosis vaksin. Dengan jumlah yang ada pada 6 bulan pertama ini, vaksinasi Covid-19 diprioritaskan bagi 45 juta orang atau sekitar 20-25%, sementara pada semester kedua nanti jumlah sasaran diperkirakan mencapai 140 juta orang.

Menkes Budi mengatakan menyelesaikan program vaksinasi di Tanah Air, diperlukan dukungan dari seluruh elemen bangsa.

Kemenkes juga membuka kesempatan kepada semua orang maupun instansi untuk terlibat dan berkontribusi menyukseskan program vaksinasi nasional.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi drive thru, penyelenggara menyediakan empat pos mulai dari pos verifikasi, cek kesehatan, vaksinasi dan yang terakhir observasi.

Prinsipnya tahapan yang dilaksanakan hampir sama dengan metode vaksinasi yang ada sebelumnya. Hanya saja seluruh sasaran tidak perlu turun dari kendaraan.

KEYWORD :

Kemenkes Vaksinasi Covid-19 Budi Gunadi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :