Jum'at, 19/04/2024 12:42 WIB

Fadel Muhammad Berbagi Pengalaman Merintis Usaha Dihadapan UMKM Gorontalo

Pelaku UMKM adalah entrepreneur yang biasanya memiliki karakter yang kuat dan pantang menyerah.

Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad. (Foto: MPR)

Gorontalo, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih belum usai melanda Indonesia. Dampak negatif yang dirasakan merata ke berbagai elemen masyarakat termasuk UMKM Indonesia.

Namun, walaupun berada di situasi yang sulit, Fadel berharap agar pelaku UMKM sebisa mungkin bertahan dan tetap semangat menjalani kehidupan sehari-hari. "Pelaku UMKM adalah entrepreneur yang biasanya memiliki karakter yang kuat dan pantang menyerah. Gali potensi kalian sampai maksimal. Jadikan pandemi ini sebagai salah satu tantangan yang harus ditaklukkan," katanya.

Hal tersebut disampaikan Fadel Muhammad di hadapan ratusan masyarakat Gorontalo pelaku UMKM dalam acara Seminar Nasional Kerjasama Penta Helix bertema “Membangun Visi Antar Stakeholder untuk Produktivitas Pelaku UMKM” kerjasama MPR RI dengan Kadin Provinsi Gorontalo, di ballroom Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Rabu (3/3/2021).

Tidak hanya memberi semangat, dalam kesempatan itu, Fadel Muhammad juga membagikan pengalamannya saat awal merintis usaha. Dikatakan Fadel, saat memulai usaha kecil, pelaku harus memahami tiga fase yang harus dialami dan dijalani yakni, pertama, harus memiliki kemampuan di bidang usaha yang dijalani.

Yang kedua, ada kesempatan dan ketiga, harus bisa membangun strategi. Tiga hal ini disebut Fadel sebagai `The Entrepreneurial Cycle`. Fase ini tidak bisa dihindari harus dialami semua usaha termasuk UMKM.

"Saya sendiri saat awal membuka usaha juga mengalami itu. Jadi tidak langsung jadi dan sukses. Fase itu saya rasakan sangat penting karena mengasah kemampuan bisnis," tambahnya.

Tapi, lanjut Fadel, majunya UMKM selain menerapkan prinsip-prinsip bisnis yang baik juga mesti didukung penuh pemerintah pusat dan daerah. 

"Menurut saya, pemerintah mesti turun tangan melakukan intervensi terbatas untuk membantu UMKM. Antara lain dengan penghapusan bunga pinjaman bank, memberikan tambahan modal agar bisa bertahan," ujarnya.

Pada intinya, Fadel berharap pengalamannya tersebut bisa memacu UMKM Indonesia untuk terus berkarya di masa pandemi ini. 

"Mari kita semua bangkit bergandeng tangan satu sama lain untuk maju bersama," ucapnya.

Di sesi akhir, Fadel Muhammad berkesempatan berkeliling menyaksikan stand berbagai produk UMKM Gorontalo seperti kain, pakaian anak, lukisan, bermacam kuliner khas, dan lainnya.

KEYWORD :

Kinerja MPR Fadel Muhammad UMKM Gorontalo Entrepreneur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :