Jum'at, 26/04/2024 15:37 WIB

Israel Tuding Iran Pelaku Tumpahan Minyak di Lepas Pantainya

Ketegangan meningkat di kawasan Teluk sejak Amerika Serikat (AS) memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran pada 2018 setelah Presiden Donald Trump menarik Washington dari kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara besar.

Tar akibat tumpahan minyak yang terkumpul di Pantai Mediterania di Israel selatan. Israel menutup semua pantai Mediterania sampai batas yang belum ditentukan, Ahad (21/2). Foto: Reuters/Amir Cohen

Tel Aviv, Jurnas.com - Pemerintah Israel menuduh Iran terkait dengan tumpahan minyak baru-baru ini di lepas pantainya yang menyebabkan kerusakan ekologis besar, menyebut insiden tersebut terorisme lingkungan.

Menteri Perlindungan Lingkungan Israel, Gila Gamliel menjelaskan, tumpahan itu disebabkan oleh sebuah kapal tanker minyak yang membawa kargo bajakan dari Iran ke Suriah bulan lalu.

"Kapal itu berlayar melalui Teluk dan Laut Merah tanpa kontak radio, mengganti perangkat pelacaknya kembali sebelum melewati Terusan Suez Mesir," kata Gamliel kepada wartawan, seperti disadur dari Reuters.

Kapal itu mematikan perangkat lagi sebelum memasuki perairan Israel di Mediterania timur, dan menjatuhkan minyak ke laut antara 1-2 Februari, katanya, menamai kapal itu sebagai kapal tanker minyak berbendera Panama Emerald.

"Iran (melakukan) terorisme dengan merusak lingkungan, dan (ketika) Iran merusak lingkungan itu tidak hanya merugikan negara Israel," kata Gamliel.

Tuduhan itu adalah yang kedua dalam seminggu di mana Israel menyalahkan musuh lamanya, Iran, melakukan kesalahan di laut.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyalahkan Teheran atas ledakan di atas kapal milik Israel di Teluk Oman pekan lalu, tuduhan yang dibantah oleh Teheran.

Ketegangan meningkat di kawasan Teluk sejak Amerika Serikat (AS) memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran pada 2018 setelah Presiden Donald Trump menarik Washington dari kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara besar.

Tumpahan minyak menghitamkan pantai di atas dan bawah pantai Israel, dan gumpalan aspal hitam telah tersapu di pantai selatan Lebanon dan Jalur Gaza, juga. Gamliel mengatakan kapal itu dimiliki dan dioperasikan Libya tanpa mengidentifikasi seseorang atau perusahaan.

Perusahaan pelayaran milik negara Libya, General National Maritime Transport Company mengatakan memiliki kapal tersebut tetapi menjualnya pada lelang pada bulan Desember.

Kapal itu dibeli oleh Emerald Marine Ltd, sebuah perusahaan yang berbasis di Kepulauan Marshall, menurut database pengiriman Equasis. Reuters tidak dapat segera menghubungi perusahaan untuk memberikan komentar.

Gamliel mengatakan kapal itu menyalakan kembali perangkat pelacaknya setelah mencapai Suriah pada 3 Februari, di mana dia mengatakan telah menurunkan minyak mentah. Itu kemudian kembali ke Iran, di mana saat ini berlabuh, katanya.

Data pelacakan kapal Refinitiv menunjukkan kapal tersebut melaporkan tujuan Sohar di Oman, melintasi Teluk Oman dari Iran, pada 20 Januari, yang berarti kapal itu berada di sekitar pantai Iran pada saat itu.

Data pelacakan kapal tidak menunjukkan tujuan ke Iran, meskipun lazim bagi kapal untuk menyembunyikan pergerakan mereka di sana.

Data Refinitiv menunjukkan, kapal tersebut melaporkan posisinya setelah melewati Terusan Suez pada 1 Februari. Itu selanjutnya melaporkan posisinya dengan tujuan Mersin di Turki pada 3 Februari, menunjukkan celah antara 1 dan 3 Februari.

Kapal itu tidak melaporkan tujuan apa pun di Suriah, meskipun kapal juga biasa menyembunyikan pergerakan di sana.

Sebuah konvensi internasional mengharuskan kapal dagang memiliki alat pelacak satelit di atas kapal saat bepergian di laut. Tetapi kapten kapal memiliki keleluasaan untuk mematikan transponder dalam keadaan tertentu, memungkinkan mereka untuk menghindari deteksi.

Kementerian perlindungan lingkungan Israel mengatakan telah mengumpulkan bukti tidak langsung yang kuat bahwa ini adalah kapal di balik tumpahan, meskipun tidak memiliki bukti forensik. Ia mengatakan itu juga mengesampingkan sumber lain. (Reuters)

KEYWORD :

Israel Iran Timur Tengah Tumpahan Minyak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :