Rabu, 24/04/2024 17:46 WIB

Sylviana Murni Minta Pemerintah Lakukan Lobi Intensif dengan Kerajaan Saudi

Ketua Komite III DPD RI, Sylviana Murni (Foto: Humas DPD RI)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Indonesia harus melakukan lobi intensif dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait pengiriman jemaah haji di tahun 2021 dengan memanfaatkan peluang syarat vaksinasi Covid-19.

Hal itu sebagaimana diutarakan Ketua Komite III DPD RI, Sylviana Murni dalam surat elektronik yang diterima, Rabu (3/3). 

“Pemerintah Indonesia harus pro aktif meyakinkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi agar dibuka prospek pengiriman jemaah haji Indonesia,” kata dia. 

Kendati begitu, seluruh jemaah dimaksud telah melakukan vaksinasi Covid-19 dan bersedia melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. 

“Hal ini selaras kebijakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qournas, di awal Januari 2021, yang meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar memprioritaskan bagi jemaah haji tahun 2021 mendapatkan vaksinasi Covid-19,” terang Sylviana. 

Saat ini, jumlah jemaah haji Indonesia sendiri jika kuota normal sekitar 257.540 orang.

Menurutnya, lobi atas peluang jemaah haji menjadi penting agar didapatkan kepastian persiapan penyelenggaraan jemaah haji oleh para pemangku kepentingan. 

"Pemerintah dalam hal ini Menteri Agama harus serius memanfaatkan peluang ini dengan segera melakukan persiapan persiapan yang diperlukan dalam penyelenggaraan ibada haji,” jelasnya. 

“Keseriusan pemerintah akan menghilangkan kegamangan masyarakat terhadap kepastian ada atau tidaknya pengiriman jamaah haji Indonesia tahun ini. Jangan sampai hal ini menjadi polemik dan pemerintah terlambat menyikapinya. Mengingat waktu ibadah haji sudah sangat dekat, tinggal empat bulan lagi,” demikian Sylviana.

KEYWORD :

Warta DPD Ketua Komite III Sylviana Murni Haji Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :