Kamis, 22/04/2021 04:27 WIB

Polbangtan Yoma Fasilitasi Anak Petani Gabung Jadi Mahasiswa Baru Lewat Jalur Undangan

Salah satu jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang diselenggarakan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) yaitu jalur undangan Anak Petani Berprestasi.

Polbangtan Yoma Fasilitasi Anak Petani Gabung Jadi Mahasiswa Baru Lewat Jalur Undangan. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat petani muda di Indonesia yang berusia 20-39 tahun hanya berjumlah 2,7 juta petani atau sekitar 8% dari total petani Indonesia.

Menyikapi fenomena tersebut, Kementan melakukan beragam upaya guna meregenerasi petani. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menjaring SDM berkualitas melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi vokasi pertanian.

Dalam beberapa kesempatan, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menyatakan bahwa pendidikan vokasi mempunyai peran penting menghasilkan petani milenial berjiwa enterpreneur.

"Pendidikan vokasi menjadi jawaban terhadap tantangan pertanian di era yang baru ini. Selain menarik kaum milenial berkecimpung di pertanian, nantinya setelah bergabung di vokasi pertanian mereka juga dibekali intelektual dan karakter yang kuat untuk mampu bersaing di industri pertanian," ujar Syahrul.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan, pembangunan SDM menjadi salah satu program prioritas Kementan. "Pendidikan vokasi pertanian merupakan wadah menjaring SDM-SDM berkualitas yang nantinya akan menjadi penerus pembangunan pertanian, tahun ini kami telah menyiapkan penjaringan mahasiswa baru melalui berbagai jalur. Mulai dari jalur umum hingga jalur prestasi," jelas Dedi.

Salah satu jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang diselenggarakan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) yaitu jalur undangan Anak Petani Berprestasi.

Menurut Plt. Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang, Rajiman, jalur ini dikhususkan bagi anak-anak dari petani yang berprestasi. Hal tersebut dimaksudkan sebagai apresiasi terhadap petani yang peduli terhadap regenerasi petani dengan mengirim anaknya belajar ke sekolah pertanian.

"Bukan hanya orangtuanya yang berprestasi, harapannya anak-anaknya juga mengikuti jejak orang tua yang lebih dulu sukses bertani. Melalui jalur ini diharapkan generasi petani tidak terputus begitu saja, karena kuliah di pertanian juga bisa keren dan menjanjikan," jelas Rajiman.

Untuk dapat bergabung melalui jalur ini, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan tertentu. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu memiliki nilai rata-rata raport semester 1 sampai dengan 5 dan nilai ijazah rata-rata paling rendah 7.

Calon mahasiswa juga harus melampirkan sertifikat atau piagam prestasi yang dimiliki oleh orangtua dan calon mahasiswa paling rendah tingkat kabupaten atau kota, dan mendapat rekomendasi dari Kepala Dinas Pertanian setempat.

"Untuk tatacara pendaftaran dan persyaratan lengkapnya dijelaskan dalam Juklak yang bisa diakses pada laman Polbangtan Yoma," lanjut Rajiman

Selain membuka pendaftaran melalui jalur undangan, Polbangtan Yogyakarta Magelang juga membuka pendaftaran Calon Mahasiswa Baru melalui jalur Tugas Belajar, Kerjasama, Umum dan POSKM. Berikut tanggal-tanggal pentingnya:
1. Jalur Tugas Belajar dan Undangan, 4 – 17 Maret 2021
2. Jalur Kerjasama Pemda / Perusahaan, 8 Maret – 24 April 2021
3. Jalur Umum, 1 – 24 April 2021
4. Jalur POSKM, 1 – 5 Juli 2021

Sebagai tambahan informasi, Tahun 2021 ini Polbangtan Yoma menyediakan 6 pilihan program studi yaitu prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Agribisnis Hortikultura, Teknologi Pakan Ternak, Teknologi Benih, dan Teknologi Produksi Ternak yang terletak di 2 kampus yaitu Kampus Pertanian Yogyakarta dan Kampus Peternakan Magelang. Total sebanyak 280 mahasiswa baru yang akan diterima dan mendapat fasilitas beasiswa penuh dari Kementan. 

TAGS : SDM Pertanian Dedi Nursyamsi Syahrul Yasin Limpo Polbangtan Yoma




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :