Kamis, 22/04/2021 03:30 WIB

Giliran Jerman Terapkan Konten Berita Berbayar ke Facebook

Facebook meneken kontrak dengan sejumlah media Jerman untuk menyediakan konten berita lokal.

Facebook (Foto: Unsplash)

Berlin, Jurnas.com - Facebook meneken kontrak dengan sejumlah media Jerman untuk menyediakan konten berita lokal. Kesepakatan ini berjalan mulus, setelah perselisihan sebelumnya mengenai konten berita berbayar di Australia.

Dideskripsikan sebagai tempat khusus untuk konten jurnalistik, Facebook News akan menampilkan laporan dari Die Zeit, Der Spiegel, dan sejumlah surat kabar termasuk Frankfurter Allgemeine Zeitung, Handelsblatt, dan Tagesspiegel.

"Bagian dari basis pengguna kami ingin membaca lebih banyak berita," terang Jesper Doub, direktur kemitraan berita Facebook di Eropa dikutip dari Reuters pada Senin (1/3).

Facebook News telah diluncurkan di Amerika Serikat dan Inggris, dan akan segera menyusul di Prancis, tambah Doub.

Dia tidak merinci anggaran yang dikeluarkan platform raksasa tersebut dalam kemitraan pendukung Facebook News di Jerman. Hanya saja, Facebook News itu nantinya akan menampilkan beberapa mitra surat kabar regional serta penerbit mode, otomotif, dan olahraga.

"Kami senang mencoba cara baru untuk menjangkau pembaca kami dengan jurnalisme berkualitas dalam kemitraan erat dengan platform seperti Facebook," kata Managing Director Spiegel Group Stefan Ottlitz dalam sebuah pernyataan.

Pekan lalu, Facebook mengatakan akan menginvestasikan US$1 miliar untuk konten berita selama tiga tahun ke depan, beberapa hari setelah mengakhiri kebuntuan dengan Australia atas undang-undang yang mengharuskan raksasa teknologi itu membayar perusahaan media tradisional untuk menerbitkan konten.

TAGS : Facebook Jerman Media Lokal Konten Berita




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :