Rabu, 21/04/2021 03:19 WIB

Vaksinasi hingga Stimulus AS Genjot Harga Minyak

Minyak mentah Brent naik 83 sen atau 1,3 persen menjadi US$65,25 per barel. Sementara itu minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS melonjak 79 sen atau 1,3 persen menjadi US$62,29 per barel.

Pengeboran minyak (Foto: Shana)

London, Jurnas.com - Harga minyak dunia naik pada Senin (1/3), menyusul lancarnya program vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia, paket stimulus Amerika Serikat (AS), dan aktivitas pabrik yang meningkat di Eropa di tengah pembatasan virus corona.

Dikutip dari Reuters, minyak mentah Brent naik 83 sen atau 1,3 persen menjadi US$65,25 per barel. Sementara itu minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS melonjak 79 sen atau 1,3 persen menjadi US$62,29 per barel.

"Tiga faktor pendukung utama adalah peluncuran vaksin yang lazim, optimisme tentang pertumbuhan ekonomi dan pandangan bahwa keseimbangan minyak akan semakin ketat sebagai hasil dari dua poin pertama," kata analis PVM Oil Associates Tamas Varga.

Dukungan juga datang dari paket bantuan virus corona senilai US$1,9 triliun yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS pada akhir pekan lalu.

Jika disetujui oleh Senat, paket stimulus akan mencakup pembelian vaksin dan persediaan medis, serta bantuan keuangan darurat untuk rumah tangga dan usaha kecil, yang akan berdampak langsung pada permintaan energi.

Persetujuan vaksinasi menggunakan vaksin Covid-19 milik Johnson & Johnson juga mendukung prospek ekonomi.

Pada Februari lalu, produksi minyak OPEC turun akibat pemangkasan sukarela oleh Arab Saudi, mengakhiri kenaikan tujuh bulanan berturut-turut.

Namun pada Jumat nanti negara anggota OPEC+ rencananya akan bertemu untuk membahas perizinan beredarnya 1,5 juta barel minyak mentah per hari minyak mentah di pasar.

TAGS : Harga Minyak Brent West Texas Intermediate Program Vaksinasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :