Selasa, 20/04/2021 21:13 WIB

Australia Terima 300.000 Dosis Vaksin AstraZeneca

Hingga 4 juta warga Australia diperkirakan akan diinokulasi pada Maret, dengan Morrison termasuk di antara kelompok kecil yang menerima putaran pertama vaksin Pfizer-BioNTech.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: Reuters)

Melbourne, Jurnas.com - Australia menerima 300.000 dosis vaksin AstraZeneca pada Minggu (28/2), lebih dari dua kali lipat jumlah semua vaksin yang dikirim ke negara itu sejauh ini dan memungkinkan pemerintah untuk meningkatkan upaya imunisasi COVID-19.

Vaksinasi massal untuk 25 juta orang Australia dimulai pada hSenin setelah kedatangan gelombang pertama lebih dari 142.000 dosis vaksin Pfizer dan BioNTech.

"Kami sekarang akan dapat meningkatkan peluncuran vaksinasi ke kelompok prioritas kami, termasuk warga Australia kami yang paling rentan dan ke perbatasan garis depan dan pekerja kesehatan kami," kata Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dalam sebuah pernyataan, seperti disadur dari Reuters.

Hingga 4 juta warga Australia diperkirakan akan diinokulasi pada Maret, dengan Morrison termasuk di antara kelompok kecil yang menerima putaran pertama vaksin Pfizer-BioNTech.

Kebanyakan orang akan divaksinasi dengan vaksin Oxford-AstraZeneca. Jumlah dosis mingguan diharapkan mencapai 1 juta pada akhir Maret ketika CSL mulai memproduksi secara lokal 50 juta dosis AstraZeneca.

Pada hari Minggu, tidak ada kasus baru COVID-19 yang tercatat di seluruh Australia, hari ke-30 sejauh ini di tahun 2021. Tidak ada kematian terkait tahun ini.

Australia bernasib lebih baik daripada kebanyakan negara ekonomi maju berkat penutupan perbatasan yang cepat, kepatuhan masyarakat yang tinggi terhadap langkah-langkah kesehatan masyarakat dan pengujian serta penelusuran yang agresif. Ini telah melaporkan kurang dari 29.000 infeksi virus korona dan 909 kematian COVID-19.

Jajak pendapat Ipsos Februari yang dilakukan dengan Forum Ekonomi Dunia di 15 negara menunjukkan bahwa sekitar tiga perempat warga Australia berniat untuk mengambil vaksin COVID-19.

Pada Sabtu, sekitar 200 orang memprotes kegiatan vaksinasi di depan kantor Menteri Kesehatan Greg Hunt. Hunt mengatakan pada Minggu bahwa beberapa orang yang menentang vaksinasi menyebarkan pandangan palsu dan jelas tidak bertanggung jawab.

"Orang Australia telah mendukung perjuangan mereka," kata Hunt tentang orang-orang yang divaksinasi. "Antusiasme yang diterima adalah penghargaan untuk warga Australia."

TAGS : Virus Corona Australia Vaksin AstraZeneca Vaksinasi COVID-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :