Jum'at, 19/04/2024 05:22 WIB

Kolaborasi Stakeholder Cara Wamendag Genjot UMKM

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, guna meningkatkan pengembangan pemasaran dan perdagangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (Foto: Antaranews)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, guna meningkatkan pengembangan pemasaran dan perdagangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kali ini, Wamendag menggandeng Accor Hotel, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Pemerintah Daerah Sulawesi Utara. Dia menyaksikan langsung penandatangan itu bersama Wantimpres Agung Laksono, anggota Komisi I DPR Dave Laksono, dan Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana.

"Kita semua tahu pentingnya peran UMKM dalam perekonomian nasional. Oleh karena itu kita harus mendukung pengembangan UMKM dengan berbagai cara, termasuk dalam pengembangan pemasaran dan perdagangannya melalui kolaborasi ini," terang Wamendag dalam keterangannya pada Minggu (28/2).

Menurut Jerry, ini merupakan wujud konkret pemerintah untuk bekerja sama membangun perekonomian nasional, khususnya di Sulawesi Utara. Wamendag optimistis semua tantangan perdagangan dan ekonomi bisa dihadapi jika semua pihak berkolaborasi.

Selain menekankan perlunya kolaborasi antar stakeholder, Jerry juga mempromosikan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang menjadi program bersama di seluruh Kementerian Kabinet Jokowi-Ma`ruf Amin.

Melalui kerja sama ini diharapkan produk-produk Indonesia bisa terus berkembang dan meningkat kualitasnya karena mendapatkan pasar yang baik.

Pada penandatanganan kerja sama ini, UMKM akan menjadi penyedia kebutuhan hotel. Selain itu, sebagai dukungan dalam mempromosikan produk UMKM, hotel secara periodik menyediakan ruang pamer di area yang strategis. Sementara BNI diharapkan berperan sebagai pendukung pembiayaan, pembayaran dan transaksi-transaksi lainnya.

Adapun Sulawesi Utara dipilih setelah sebelumnya kerja sama dilakukan di enam provinsi yaitu Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat. Untuk 2021, kerja sama dimulai dari Sulawesi Utara.

Kepala Jaringan dan Jasa PT BNI Wilayah 11 Manado Ferry Sinaga menyambut baik acara ini. Menurutnya, BNI banyak membantu pemerintah, UMKM dan stake holder lainnya.

Saat ini BNI juga mendukung Kemendag dalam digitalisasi pembayaran ritel melalui EDC merchant, QR Code Payment, serta e–Retribusi di pasar rakyat.

Dukungan yang sama disampaikan oleh manajemen jaringan Accor Hotel. CEO Accor Southeast Asia, Japan, South Korea Garth Simmon berjanji akan menyukseskan kerja sama ini.

Selain itu ia juga menyampaikan saat ini Accor Hotel sudah memanfaatkan produk Indonesia lainnya yaitu Genose sebagai alat pendeteksi Covid bagi tamu maupun pekerja hotel.

Menurut catatan Kemendag, dari pelaksanaan enam kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya, tercatat nilai kontrak hotel dengan UMKM mencapai Rp492,803 juta per bulan dengan jumlah seluruh kontrak selama satu tahun mencapai Rp5,9 miliar.

Sementara penyaluran kredit BNI kepada UMKM senilai Rp3,37 Miliar. Diharapkan penandatanganan kerja sama ini akan meningkatkan gairah UMKM dan memberikan dampak khususnya di Sulawesi Utara.

Meski punya catatan bagus, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag akan terus melakukan evaluasi agar berjalan dengan baik.

KEYWORD :

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga UMKM Kolaborasi Stakeholder




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :