Sabtu, 20/04/2024 09:41 WIB

Duterte Teken RUU Ganti Rugi Jika Vaksin COVID-19 Berefek Samping

Ini mencakup pembentukan dana ganti rugi 500 juta peso (US $ 10,26 juta) untuk menutupi kompensasi atas potensi efek samping yang serius yang berasal dari penggunaan darurat dosis.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte saat memberikan keterangan pers

Manila, Jurnas.com - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte pada Jumat (26/2) menandatangani RUU yang memberikan ganti rugi kepada pembuat vaksin jika suntikan COVID-19 mereka menyebabkan efek samping yang merugikan.

Meskipun memiliki salah satu jumlah infeksi COVID-19 tertinggi di Asia, Filipina akan menjadi negara Asia Tenggara terakhir yang menerima rangkaian vaksin awal.

Disadur dari Reuters, dalam sebuah pernyataan, kantor kepresidenan mengatakan, undang-undang tersebut akan mempercepat pembelian dan administrasi vaksin.

Ini mencakup pembentukan dana ganti rugi 500 juta peso (US $ 10,26 juta) untuk menutupi kompensasi atas potensi efek samping yang serius yang berasal dari penggunaan darurat dosis.

Produsen vaksin COVID-19 akan kebal dari tuntutan hukum atas klaim yang timbul dari pemberian suntikan.

Tidak adanya program ganti rugi telah menunda pengiriman 117.000 dosis vaksin Pfizer-BioNTech, yang disumbangkan melalui fasilitas COVAX. Pemerintah telah merencanakan untuk menggunakan dosis tersebut untuk memulai program vaksinasi pada pertengahan Februari.

Filipina akan menerima pengiriman 600.000 dosis vaksin Sinovac Biotech, yang disumbangkan oleh China, pada Minggu, memungkinkan negara Asia Tenggara untuk mulai menyuntik petugas kesehatan dan tentara.

Pemimpin Filipina yang bersemangat minggu lalu meminta Kongres untuk mempercepat RUU vaksinasi dan ganti rugi.

Filipina sedang merundingkan perjanjian pasokan dengan tujuh produsen untuk 148 juta dosis vaksin COVID-19, sehingga dapat menginokulasi 70 juta orang dewasa, atau dua pertiga dari 108 juta populasinya.

Setelah rekor kemerosotan ekonomi 9,5 persen pada tahun 2020, Filipina sangat ingin memulai program inokulasi untuk menghidupkan kembali kepercayaan bisnis dan konsumen, serta memulihkan jutaan pekerjaan yang hilang.

KEYWORD :

Filipina Rodrigo Duterte Asia Tenggara Kasus COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :